Tips Mematikan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar Agar Mobil Awet

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin mobil
Sumber: Getty Images

OTOmart – Perawatan mobil sangat diperlukan untuk tetap menjaga performa dari mobil itu sendiri. Namun, terkadang berbagai human error atau kesalahan pengemudi yang tanpa disadari dilakukan membuat performa mobil menjadi menurun. Salah satu kesalahan yang kerap kali dilakukan adalah mematikan mesin mobil secara tiba-tiba.

Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan karena sejumlah komponen yang terdapat di dalam mesin masih bergerak, bahkan sistem kelistrikannya pun masih dalam keadaan menyala, seperti menghidupkan audio hingga AC.

Berbagai alasan juga diungkapkan oleh para pengemudi, mulai dari terburu-buru hingga memang telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Berdasarkan situs resmi Nissan, pengemudi yang mematikan mesin mobil secara tiba-tiba justru dapat memicu terjadinya kerusakan pada mobil.

Baca Juga: Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

“Walaupun Anda rutin melakukan servis. Namun jika perlakuan Anda kepada mobil salah, maka bukan tidak mungkin kerusakan tetap akan terjadi,” tulis situs resmi Nissan, seperti dilansir laman liputan 6 News.

Kerusakan yang terjadi bisa saja akibat dari masih adanya pergerakan mesin yang tidak diikuti dengan pelumasan, sehingga menyebabkan komponen mesin bergesakan secara kasar. Karena itu, saat akan mematikan mesin yang menyala dengan kencang, maka tekanan pelumas mobil akna mengalami penurunan secara drastis namun tidak saat mesin dalam posisi bergerak.

Selain itu, para pemilik mobil juga diharapkan untuk tidak melakukan kebiasaan menggeber mesin sesaat dan sebelum mematikan mesin kendaraan.

Lalu bagaimana cara mematikan mesin mobil dengan baik dan benar?

Berikut ini adalah beberapa tips tahapan dalam mematikan mesin mobil yang baik dan benar:

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

  1. Ketika ingin berhenti sebaiknya Anda mengurangi kecepatan mobil Anda, sebab dengan melakukan hal itu, maka mesin dapat menyesuaikan pergerakannya. Lalu setelah mobil terparkir dengan benar, maka berikanlah sedikit jeda sebelum Anda mematikan mesin.
  2. Ketika memberikan jeda sebelum mematikan mesin, Anda juga perlu mengecek berbagai komponen yang terdapat di dalam mobil. Sebab, terkadang beberapa komponen mobil tetap aktif menyala meskipun mesin kendaraan dalam keadaan mati. Hal inilah yang menyebabkan aki mobil tidak dapat berfungsi lagi.
  3. Namun, sebelum mematikan mesin kendaraan, sebaiknya Anda juga mematikan AC terlebih dahulu. Karena itu, jika Anda tidak ingin mesin atau AC mobil Anda mengalami kerusakan, maka sebaiknya biasakan diri Anda untuk mematikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin.
  4. Selain AC, ternyata audio juga harus dimatikan terlebih dahulu sebelum mematikan mesin kendaraan. Hal ini karena Audio hidup dengan dukungan aki mobil, yang jika mesin kendaraan dimatikan secara tiba-tiba, maka aki akan kaget, sebab tekanan aki ketika mobil baru menyala juga tidaklah stabil.

Itulah beberapa cara atau tips mematikan mesin kendaraan dengan baik dan benar. Jika ini dilakukan, maka Anda akan mendapatkan beragam manfaat, mulai dari mesin yang terawat, komponen listrik dan performa mobil yang tetap terjaga meskipun usia mobil sudah uzur.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...