Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pecah ban
Ilustrasi (Breaking News)

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk permukaan jalannya atau dikenal dengan rigid pavement. Tanpa dilapisi aspal, kondisi ini tentu sangat berbahaya karena jenis beton ini merupakan faktor utama dari risiko penyebab utama terjadinya pecah ban.

“Dengan menggunakan jenis beton seperti itu, tentu membuat potensi terjadinya pecah ban jadi lebih tinggi. Karena itu, disarankan bagi setiap pemudik yang ingin mudik melalui jalan tol sebaiknya mengistirahatkan kendaraannya selama 2 hingga 3 jam selama perjalanan,” ucap Joko Setijowarno dari Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, seperti dilansir laman Grid Oto.

Baca Juga: Jalan Aspal atau Jalan Beton yang Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

Joko pun menambahkan jika permukaan jalan tol yang tidak dilapisi aspal, justru akan membuat ban cepat aus dan panas sehingga potensi terjadinya pecah ban sangat besar.

“Kalau permukaan jalan tol tidak dilapisi aspal, akan membuat ban menjadi cepat aus dan panas,” terang Joko.

Joko pun menuturkan jika sebaiknya kendaraan perlu untuk dilakukan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mudik.

“Untuk kesiapan kendaraan serta pengemudi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh, dapat mengikuti beberapa tips yang telah dikeluarkan oleh beberapa perusahaan otomotif atau komunitas-komunitas otomotif,” ucapnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pecah ban ketika berada di jalan Tol saat melakukan perjalanan mudik, antara lain yaitu:

1. Memeriksa Tekanan Angin

Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa tekanan angin pada ban mobil Anda. Selain itu, isi angin ban mobil Anda sesuai dengan standar yang telah tertera pada bagian pintu mobil atau mengikuti petunjuk dari buku panduan mobil.

2. Cek Kedalaman Alur Ban

Salah satu bagian ban yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah kedalaman alur atau kembang yang terdapat pada telapak ban. Jika kembang atau alur pada telapak ban terlihat menipis, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan ban baru. Karena jika dipaksakan, akan berbahaya terutama saat melalui jalan Tol Trans Jawa yang kondisi permukaan jalannya hanya menggunakan beton cor yang kasar, sehingga dapat menimbulkan terjadinya pecah ban.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

3. Mengecek Tingkat Keausan Ban

Agar ban mobil Anda tetap stabil ketika dipacu dengan kecepatan tinggi, sebaiknya Anda melakukan pengecekan spooring untuk menghindari aus yang tidak merata pada bagian ban, serta pengecekan balancing agar ban menjadi lebih stabil ketika digunakan.

4. Periksa Keretakan Ban

Agar perjalanan mudik Anda merasa nyaman, sebaiknya Anda juga mengecek apakah terdapat keretakan pada bagian ban mobil Anda. Sebab, ban mobil yang retak dapat meningkatkan risiko terjadinya pecah ban, apalagi jika kondisi jalan yang dilalui kasar dan tidak merata.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kualitas terbaikOtomart.id menyediakan beragam mobil bekas dari seluruh dealer mobil bekas di Indonesia. Segera kunjungi Otomart.id dan miliki mobil impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...