Tips Hilangkan Rasa Jenuh Saat Melakukan Perjalanan Mudik

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jenuh
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Ketika musim mudik Lebaran tiba, tentunya Anda telah menyiapkan berbagai rencana untuk melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman. Berbagai moda transportasi pun tentunya telah Anda siapkan sebaik mungkin, mulai dari pesawat, kereta, kapal laut, bus bahkan kendaraan pribadi.

Namun dengan menempuh perjalanan panjang, terutama melalui perjalanan darat tentunya akan membuat Anda mengalami kondisi jenuh. Apalagi jika Anda bertemu dengan salah satu musuh perjalanan, yaitu kemacetan. Tentunya hal ini akan semakin membuat tingkat kejenuhan Anda meningkat.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Anak

Berikut ini adalah beberapa tips yang akan mengurangi kejenuhan Anda selama melakukan perjalanan mudik, antara lain yaitu:

Memutar musik yang menenangkan

Musik merupakan salah satu sarana hiburan yang paling penting, apalagi ketika Anda terjebak di tengah kemacetan, di atas pesawat, di dalam kereta atau pun di bus. Sebaiknya putarlah musik yang mempunyai tempo lebih pelan dan rileks sehingga dapat membuat Anda merasa tenang selama di perjalanan.

Membawa bacaan favorit

Jika Anda senang membaca, maka manfaatkanlah waktu Anda dengan membaca buku favorit Anda. Bacalah buku yang informatif namun tetap ringan untuk dibaca atau membaca sebuah novel seru yang dapat meningkatkan daya imajinasi Anda.

Memaksimalkan fungsi Smartphone

Ponsel atau smartphone merupakan teman setia Anda di perjalanan, namun sayangnya tidak selamanya smartphone dapat mengatasi rasa bosan atau jenuh yang Anda alami. Karena itu, maksimalkan fungsi dan aplikasi yang terdapat pada smartphone Anda dengan melakukan beberapa hal seru untuk sekedar menghibur diri atau menonton video seru di Youtube dan Instagram.

Bermain game

bermain game
ilustrasi (morguefile)

Bermain game rupanya dapat mengusir rasa bosan Anda di perjalanan mudik. Game juga mampu membuat otak Anda bekerja dengan intensitas sedang sehingga akan memuat rasa bosan Anda sedikit hilang. Bahkan, jika Anda terlalu asyik dengan game kesukaan Anda, maka perjalanan panjang pun menjadi tidak terasa.

Baca Juga: Hati-hati Overheat Mesin Saat Liburan, Begini Cara Mencegahnya

Mengabadikan setiap momen

Abadikan setiap momen perjalanan mudik Anda dengan kamera ponsel atau kamera digital pribadi ketika kendaraan Anda berhenti. Anda dapat menangkap pemandangan alam yang berada di sekitar Anda, termasuk keluarga. Hal ini juga sekaligus mengasah kemampuan Anda di bidang fotografi.

Melakukan peregangan

Ketika melakukan perjalanan panjang, sebaiknya sesering mungkin lakukan peregangan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kekakuan serta menjaga peredaran darah agar tetap lancar. Selain itu, ternyata melakukan peregangan juga dapat mengurangi rasa jenuh Anda.

Tidur

Cara terakhir dan paling mudah dalam mengusir rasa bosan dan jenuh saat menempuh perjalanan panjang mudik adalah tidur. Karena itu, siapkanlah bantal tidur yang nyaman agar tidur Anda berkualitas.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jangan Gunakan Fitur Defogger Jika Tak Ingin Kaca Retak

OTOmart – Setiap mobil yang dipasarkan ke berbagai negara tropis yang pada umumnya seringkali...

Tips Mengurangi Rasa Mual Saat Melakukan Perjalanan Jauh

OTOmart – Melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik tentunya akan membuat sebagian orang merasa...

Hati-hati Overheat Mesin Saat Liburan, Begini Cara Mencegahnya

OTOmart – Saat liburan menggunakan mobil pibadi, kemacetan merupakan pemandangan yang lumrah dan biasanya...

Tips Lewati Tanjakan Kali Kenteng dengan Mudah dan Aman

OTOmart – Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan hendak menempuh perjalanan mudiknya...

Lakukan Tips Perawatan Ini Setelah Mobil Digunakan Mudik

OTOmart – Pada saat liburan akhir tahun pada umumnya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk...

Hati-Hati! Kondisi ‘Microsleep’ Ketika Berkendara di Jalan Tol

OTOmart – Seperti biasanya, banyak orang yang menjalankan tradisi mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi....