Tips Tepat Membersihkan Door Trim Berbahan Kulit Hingga Kain

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
door trim
Ilustrasi (Cover Super)

OTOmart – Salah satu bagian dalam mobil yang seringkali terabaikan kebersihannya adalah door trim. Padahal bagian ini jika dibersihkan secara teratur dapat meningkatkan kenyamanan berkendara bagi pengemudi.

Door trim biasanya terbuat dari beragam jenis material, mulai dari plastik hingga kulit sehingga membuat teknik perawatannya pun berbeda-beda antara material satu dengan lainnya.

Berikut ini adalah cara membersihkan door trim mobil yang tepat untuk berbagai jenis material yang bisa Anda lakukan, antara lain yaitu:

Baca Juga: Fitur Motorized Back Door Ini Bikin Bagasi Xpander Makin Keren

Material Kulit

Menurut salah satu kepala mekanik bengkel poles interior mobil yang berlokasi di Tangerang Selatan, Asep menuturkan jika door trim bermaterial kulit sangat mudah untuk dibersihkan daripada berbahan dasar kain.

“Untuk berbahan kulit itu jauh lebih mudah untuk dibersihkan ketimbang bahan kain,” ucap Asep, seperti dilansir laman Tempo.co.

Asep menuturkan bahwa cara mudah membersihkan bagian ini cukup dengan cairan interior cleaner serta lap microfiber saja. Cairan interior cleaner sendiri dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 150 ribu.

“Caranya cukup mudah, hanya menyemprotkan cairan tersebut ke lap, baru kemudian dibersihkan ke bagian yang tampak kusam tersebut,” terang Asep.

“Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung menyemprot cairan interior cleaner tersebut secara langsung, karena akan merusak warna dari kulit tersebut,” terang Asep lagi.

Material Plastik

door trim plastik
Door Trim Material Plastik (Adiyasa Prahenda)

Jika dibandingkan dengan material kulit, material plastik nampak kurang mewah. Meski begitu, material ini justru lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan material lainnya, seperti kulit atau kain.

Menurut pemilik bengkel poles interior di wilayah Jakarta Selatan, Herry Sutarto mengatakan jika membersihkan door trim bermaterial plastik cukup menggunakan cairan pembersih, sikat, serta lap chamois atau microfiber saja.

Baca Juga: Coating Sapphire Serum dan Ceramic Serum, Mana Yang Lebih Baik?

“Untuk bahan plastik, membersihkannya cukup menggunakan cairan pembersih, sikat, serta lap chamois atau kain berbahan microfiber agar mudah untuk dibersihkan,” ucap Herry, seperti dilansir laman Otomotifnet.

Jika hanya terdapat noda debu pada bagian ini, maka cara mudah membersihkannya adalah dengan mengusapkan lap chamois atau microfiber yang lembab pada bagian tersebut.

“Jangan sampai menggunakan lap yang sangat basah. Sebab, air dapat menyelusup melalui sela-sela tombol pada pembuat kaca yang tentu dapat menyebabkan terjadinya korsleting,” terang Herry lagi.

Sebaliknya jika terdapat noda membandel yang menempel pada bagian ini, cukup digosok menggunakan sikat halus atau sikat gigi yang telah dibasahkan menggunakan air.

Material Kain atau Fabric

door trim kain
Door Trim Kain

Door trim bermaterial kain atau fabric terbilang cukup sulit untuk dibersihkan. “Untuk material kain terbilang cukup riskan untuk dibersihkan, meskipun sangat hati-hati dan cara yang dilakukan benar,” ucap Herry Sutarto.

Menurut Herry, jika teknik membersihkannya tidak benar, justru akan membuat bagian ini menjadi semakin kotor atau justru rusak.

Jika hanya berdebu, maka cara membersihkannya cukup dengan menyikatnya secara halus dan lembut tanpa menggunakan air. Selain itu, saat proses menyikat supaya searah. Jika berbeda-beda justru akan membuat material ini mengalami kerusakan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

Sedangkan jika terdapat noda yang membandel, maka Anda perlu menggunakan cairan interior cleaner. Cairan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 150 ribu.

Namun yang tidak boleh Anda lakukan adalah jangan langsung menyemprotkan obat pembersih secara langsung ke bagian yang kotor agar bagian ini tidak mengalami kerusakan.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...

Harga Daihatsu Terios Bekas Kini Mulai Dari Rp 85 Juta

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Terios masih menjadi salah satu mobil primadona di pasar...

Harga Xenia Bekas Semakin Terjangkau, Mulai Rp 50 Jutaan

OTOmart – Hingga kini Daihatsu Xenia bekas masih banyak menjadi incaran para pemburu mobil...

Daftar Lengkap Harga Sparepart Fast Moving Nissan Grand Livina

OTOmart – Salah satu alasan bagi para pemburu mobil bekas adalah tingkat ketersediaan suku...