Mau Beli Nissan Grand Livina 2013 Ultimate, Ini Tips Mengeceknya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
nissan grand livina 2013
Grand Livina 1.5 Ultimate 2013

OTOmart – Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya tergiur dengan penampilan luarnya saja. Namun juga terhadap berbagai aspek lain yang terdapat pada mobil tersebut. Salah satunya adalah Nissan Grand Livina 2013 Ultimate yang termasuk ke dalam jenis mobil keluarga.

Nissan Grand Livina 2013 Ultimate merupakan mobil berpenampilan facelift yang eyecatching dan hingga kini masih enak untuk dilihat.

Baca Juga: Ini Masalah Yang Sering Terjadi Pada Nissan Grand Livina Bekas

“Untuk pengecekan Nissan Grand Livina sendiri sebenarnya hampir sama seperti mengecek mobil bekas lainnya ya,” ucap kepala bengkel mobil di wilayah Sunter, Jakarta Utara, Ari Hidayat, seperti dilansir laman Otoseken.id.

Menurut Ari, pengecekan dapat dilakukan melalui 3 indikasi yang dapat mempengaruhi pada usia pakai mobil. Mulai dari bekas tabrakan, banjir, hingga masalah pada mesin mobil.

Untuk melihat apakah Nissan Grand Livina 2013 Ultimate pilihan Anda adalah mobil bekas tabrakan, maka bisa dicek pada bagian bodi serta sasisnya.

“Pada umumnya, mobil-mobil saat ini telah menggunakan sasis berjenis monokok sehingga untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak, sangat mudah dilihat,” terang Ari.

Sebaliknya, untuk mengindikasi apakah mobil bekas pilihan Anda bekas banjir, dapat dilihat melalui pengecekan interior mobil di dalamnya. Jika terdapat sisa-sisa serta bau lumpur pada lantai mobilnya serta kabel-kabel yang berkerak, maka dapat dipastikan jika mobil tersebut bekas terendam banjir.

“Kalau mobilnya pernah terendam banjir, maka bau lumpur akan masih melekat,” terang Ari lagi.

Sedangkan untuk mengetahui apakah mesin mobil Nissan Grand Livina bermasalah, yaitu melalui indikator yang terdapat pada instrument cluster mobil.

Pada bagian ini, akan ditampilkan indikator-indikator bila terdapat masalah pada sistem elektronik mobil tersebut, seperti airbag atau ABS (Anti-Lock Braking System).

nissan grand livina 2013 belakang
Grand Livina 2013 Ultimate
Baca Juga: Xpander vs Grand Livina, Manakah Yang Terbaik? Ini Perbandingannya

Untuk mengetahui sudah seberapa jauh mobil yang Anda pilih sudah berjalan, maka dapat Anda lakukan dengan melakukan pengecekan odometer mobil tersebut.

“Pada umumnya, dalam kurun waktu satu tahun, pemakaian mobil itu sejauh 20.000 km, tinggal dikali 5 tahun. Jadi kalau Grand Livina yang Anda pilih tahun 2013, maka kilometernya berada di kisaran 100.000,” ungkap Ari.

Namun yang menjadi masalah adalah, semakin sering mobil tersebut digunakan, maka usia pakai di beberapa komponennya juga semakin berkurang. Karena itu, jika angka kilometer yang terdapat pada odometer lebih tinggi dari sewajarnya. Maka sebaiknya Anda mengecek buku service record untuk mengetahui mengenai riwayat perawatan mobil tersebut sebelumnya.

Selain melalui odometer, mesin yang bermasalah juga dapat Anda deteksi dari suaranya.

“Kalau ada bunyi-bunyi yang seharusnya tidak ada, maka kemungkinan terjadi kerusakan eksternal yang terdapat pada bearing alternator. Kondisi yang lebih parah lagi itu terdapat pada internal mesinnya sehingga perlu dibongkar dulu untuk mendeteksinya,” pungkas Ari.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daihatsu Rancang Strategi Agar Daihatsu Ayla Turbo Laku di Indonesia

OTOmart – Meski telah melakukan pengujian mesin Daihatsu Ayla turbo berkapasitas 1000cc di jalanan...

Daftar Harga Mobil Grand Livina Di Bawah Rp 150 Juta

OTOmart – Anda punya dana Rp 150 juta dan ingin mendapatkan mobil berkapasitas 7...

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim...