Bingung Pilih Mobil Bekas? Lakukan Tips Beli Mobil Bekas Ini

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

beli mobil

Otomart – Di Indonesia, peminat mobil bekas tidak kalah banyak jumlah dengan para konsumen mobil baru. Hal ini terjadi karena harga mobil bekas yang ditawarkan oleh para penjual jauh lebih murah. Selain itu, para pembeli juga menyukai model dari mobil bekas sehingga mempunyai keinginan untuk beli mobil bekas tersebut.

Hal yang sering terjadi bagi para pembeli mobil bekas adalah bingung dalam menentukan aspek apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas. Nah, berikut ini adalah beberapa aspek yang Anda perlukan saat beli mobil bekas, sehingga uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Showroom Mobil Nakal

Tips Beli Mobil Bekas

Cari informasi

Sebelum Anda beli mobil bekas baik di diler ataupun perorangan, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai mobil bekas yang akan Anda beli. Sebab saat ini, telah banyak para penjual mobil bekas yang memanfaatkan internet sebagai alat marketingnya. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat dengan mudah membandingkan harga mobil bekas yang akan Anda beli.

Lihat secara langsung

Jika Anda telah menemukan mobil incaran yang Anda inginkan, maka wajib hukumnya untuk melihat mobil tersebut secara langsung. Karena dengan melihat mobil secara langsung, Anda dapat melihat dan mengecek secara mendetail mengenai mobil tersebut, khususnya jika Anda menginginkan beli mobil bekas yang berasal dari Jepang, Anda perlu mencermati kondisi dari bodi mobil tersebut, apakah terdapat tanda-tanda bekas kecelakaan atau tidak.

Periksa kondisi mesin.

Jika Anda ingin mendapatkan mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu kondisi dapur pacu mobilnya. Sebab onderdil mobil buatan eropa atau amerika terkenal sangat mahal, sehingga Anda dapat mengetahui kapan waktunya Anda mengganti onderdil tersebut.

Cek starter mobil

Setelah Anda mengecek mesin kendaraan, segera nyalakan mobil bekas yang Anda incar tersebut. Nyalakan mobil tersebut minimal selama lima menit. Ketika mobil bekas telah menyala, segeralah cek kondisi knalpot kendaraan. Apabila mobil bekas yang Anda inginkan bermesin diesel namun mengeluarkan asap, maka alangkah baiknya Anda tidak membeli mobil tersebut.

Baca Juga: Begini Tips Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi

beli mobil

Cek suara kendaraan

Ketika menyala, sebaiknya Anda juga mendengarkan dengan seksama suara deru kendaraan tersebut. Apabila Anda mendengar suara yang aneh sedikit saja, maka jangan sungkan untuk menanyakan kondisi tersebut kepada diler atau orang yang menjualnya.

Lakukan pengecekan kondisi mobil saat berjalan

Cobalah lakukan pengecekan kondisi saat mobil berjalan. Hal ini dilakukan untuk mengecek ada atau tidaknya suatu masalah pada mobil tersebut yang orang awam ketahui walaupun orang awam tersebut bukanlah teknisi mobil.

Rajin bertanya

Hal ini merupakan kondisi yang sudah biasa terjadi dan menjadi hal yang lumrah ketika seorang pembeli rajin menanyakan suatu kondisi dari mobil bekas incarannya kepada penjual. Karena itu, jangan pernah merasa malu dalam bertanya kepada penjual mengenai kondisi mobil bekas incaran Anda tersebuh hingga Anda merasa puas dengan jawabannya.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Penurunan Harga Jual Mobil Bekas

Periksa dokumen kendaraan

Sebelum Anda mencapai kata sepakat dengan penjual, jangan pernah lupa untuk mengecek dan memeriksa semua kelengkapan surat kendaraan mobil bekas yang Anda inginkan, mulai dari STNK. BPKB, faktur pembelian (asli) dan dokumen lainnya. Selanjutnya, lakukan konfirmasi ke Kepolisian mengenai plat nomornya, yang bertujuan untuk sekedar memastikan bahwa mobil bekas tersebut bukanlah hasil curian.

Bijak dalam melakukan pembayaran

Setelah Anda mencapai kesepakatan dengan penjual mengenai mobil impian Anda, selanjutnya Anda perlu bijak dalam memilih cara pembayaran yang akan Anda lakukan untuk membeli mobil incaran Anda. Saat ini, telah banyak diler mobil bekas yang kebanyakan telah melayani pembayaran menggunakan sistem kredit. Untuk itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menentukan cara pembayarannya agar tidak memberatkan hidup Anda dikemudian hari.

Itulah beberapa tips beli mobil bekas yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...