Ingin Konsumsi Bahan Bakar Mobil Anda Irit? Coba Tips Ini

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
konsumsi
Dalam memilih mobil, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan para konsumen adalah mengenai konsumsi bahan bakar (Morguefile)

OTOmart – Dalam memilih mobil, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan para konsumen adalah mengenai konsumsi bahan bakar. Maka tidak heran jika keiritan bahan bakar selalu ditonjolkan oleh para produsen mobil ketika sedang mempromosikan produk terbaru mereka.

Yang perlu diketahui selain dari teknologi mesin yang disematkan pada mobil adalah beberapa hal yang mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar, salah satu yang mempengaruhi adala cara Anda dalam mengemudikan kendaraan.

Baca Juga: Sewa 3 Jenis Mobil Ini agar Mudik Anda Aman dan Nyaman

Berdasarkan situs resmi Daihatsu, terdapat salah satu cara mengemudi yang dikenal ampuh untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil, yaitu teknik mengemudi Eco Driving. Teknik Eco Driving sendiri diambil dari prinsip-prinsip dasar safety driving yang bertujuan untuk menghemat bahan bakar, melakukan teknik berkendara yang efisien serta untuk mengurangi polusi.

Namun ternyata, selain teknik Eco Driving tersebut, ada juga beberapa teknik dasar berkendara yang dapat Anda lakukan untuk membuat mobil Anda semakin irit, berikut ini adalah teknik yang dapat Anda lakukan.

Perpindahan gigi

Untuk dapat membuat mobil Anda irit bahan bakar, jangan menunggu mesin meraung-raung ketika Anda memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Kecepatan ideal untuk mengganti perseneling yaitu antara kecepatan 2.000 rpm hingga 3.000 rpm.

Stabilkan kecepatan

speedometer mobil
Stabilkan kendaraan agar hemat konsumsi bahan bakar (Toyota Kediri)

Baca Juga: Upgrade Performa Avanza ke Bengkel Jika Mau Ngacir Saat Mudik

Untuk menghemat bahan bakar, sebaiknya Anda mengusahakan agar kecepatan mobil tetap konstan dan stabil. Pada umumnya, pengemudi mampu mempertahankan putaran mesin ketika kecepatan mobil berada di bawah 2.000 rpm. Hal ini sangat berguna sekali untuk membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih irit.

Kemudikan mobil dengan Smooth Driving

Sebisa mungkin hindari melakukan pengereman atau melakukan akselerasi yang tidak perlu. Jika Anda terjebak dalam kemacetan, sebaiknya kemudikanlah mobil dengan lembut, injaklah pedal gas dan rem secara halus, dan hindari terburu-buru pada saat menginjak pedal gas dan rem.

Jaga kecepatan saat kondisi jalan turun dan naik

Jaga kecepatan kendaraan Anda ketika mengemudi di jalanan menanjak dan menurun agar putaran mesin tidak terlampau tinggi. Cara ini sebenarnya dilakukan untuk menjaga kinerja mesin agar tidak terlalu bekerja keras.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...