Thailand Serius Siapkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

kendaraan listrik

Otomart, Jakarta – Kendaraan listrik saat ini tengah menjadi perbincangan para pecinta otomotif dunia. Selain karena ramah lingkungan, mobil listrik juga diklaim mengurangi polusi udara akibat pemakaian bahan bakar fosil. Salah satu negara di Asia Tenggara yang saat ini tengah gencar dan mempunyai progres positif untuk kendaraan listrik adalah Thailand.

Pemerintah Thailand telah siap untuk memulai era kendaraan listrik dengan membangun infrastruktur bagi kendaraan ini. Langkah pemerintah tersebut ternyata tidak bertepuk sebelah tangan, setelah perusahaan Energy Absolut (EA) yang bergerak di sektor energi terbarukan menyatakan mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

Baca Juga: Honda Akan Pamer Mobil Listriknya Di Frankfurt Motor Show

Dilansir dari laman Nikkei dan Bangkokpost, Selasa (5/9) EA menyatakan bahwa perusahaannya akan membangun dan mengoperasikan 1.000 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di Thailand hingga akhir 2018 nanti. Dikabarkan perusahaan tersebut telah menginvestasikan dananya hingga mencapai 600 juta baht atau Rp. 241 miliar.

Saat ini Thailand merupakan negara yang benar-benar bergerak cepat untuk perkembangan kendaraan listrik ini, bahkan segala elemen yang berada di dalam negerinya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk dapat mewujudkan program kendaraan listrik di akhir tahun 2018 mendatang. Hal ini berbanding terbalik dengan Indonesia, dimana masa depan otomotif, khususnya bagi kendaraan listrik masih samar.

EA menyatakan akan memulai layanan pengisian gratisnya di dua pusat perbelanjaan ibukota negara tersebut, Bangkok, dan selanjutnya akan mengembangkan stasiun pengisian lainnya di bawah merek EA Anywhere. Sementara untuk saat ini, EA akan memfokuskan pada area permodalan terlebih dahulu dengan mengekspansi SPBU regional.

Baca Juga: Mercedes-Benz Siapkan Konsep Mobil Listrik Entry Level

Seperti yang diketahui, EA merupakan perusahaan yang baru terdaftar di Bursa Efek Thailand pada 2008, dengan bisnis yang dijalankan yaitu produksi bahan bakar biodiesel. Pada 2016 lalu, perusahaan ini mencatatkan keuntungan bersih hingga 3,2 miliar baht atau sekitar Rp. 1,2 triliun dari pendapatan 10,4 miliar baht (Rp. 4,1 triliun). Saat ini, perusahaan tersebut sedang melakukan diversifikasi pasar dengan mengambil kendaraan listrik.

Saat ini, Thailand telah mempunyai 30 stasiun pengisian kendaraan listrik, enam diantaranya telah dioperasikan oleh perusahaan minyak dan gas bumi PTT, yang berniat untuk mempunyai 20 lokasi stasiun tahun ini. Selain itu, BMW juga berencana membuka 50 SPLU di negara tersebut.

Dengan menambah berbagai fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik, pemerintah Thailand mencoba menarik para produsen otomotif untuk kendaraan listrik dan plug-in hybrid agar dapat membuat pabriknya di negara tersebut. Meskipun permintaan domestik masih terbatas, karena terhambat akibat kurangnya infrastruktur pengisian dan harga kendaraan yang tinggi. Namun, EA berharap, agar proyek ini dapat menunjukkan konsistensi EA serta mengangkat deman EA di Thailand.

Jika pemerintah Thailand telah benar-benar matang dalam perencanaan mobil listrik, bagaimana di Indonesia? Patut kita nantikan kehadirannya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...