Tes Psikologi Dalam Pembuatan SIM Diragukan Ciptakan Keselamatan

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pembuatan sim
Selain tes ujian praktek, mulai 25 Juni mendatang pembuatan SIM juga akan diterapkan tes psikologi (Youtube)

OTOmart – Mendengar kabar bahwa pembuatan SIM harus melalui tes psikologi terlebih dahulu agar membuat para pengemudi mampu berperilaku baik di jalan raya sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan, membuat Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu meragukannya.

Sebab, menurutnya sikap pengendara yang baik bisa saja muncul hanya ketika si pembuat SIM menghadapi tes psikologi dan tes praktek saja alias sebagai bentuk formalitas saja.

Namun, setelah mempunyai SIM, bisa saja pola perilaku pengemudi berubah drastis 360 derajat menjadi urakan. Hal ini tentu dapat membahayakan bagi para pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Sekarang Bikin SIM Harus Ikut Tes Psikologi

Seperti yang diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memutuskan akan memasukkan tes psikologi ke dalam salah satu syarat dalam pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi). Tes psikologi ini akan mulai diberlakukan mulai dari tanggal 25 Juni mendatang.

Menurut Kasi SIM Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, mengatakan jika tes psikologi ini akan diberlakukan untuk semua jenis SIM, mulai dari SIM A, SIM B2, SIM C serta SIM D.

Tes psikologi ini sebenarnya telah diterapkan dan hanya berlaku bagi para calon pemegang SIM umum saja, seperti pengemudi kendaraan umum angkutan kota atau angkutan lain berplat kuning.

pembuatan SIM
Pembuatan SIM baru akan melalui tes psikologi mulai 25 Juni mendatang (Good News From Indonesia)

Namun menurut Jusri, tes ini kurang tepat jika diterapkan pada semua golongan SIM. Dirinya bahkan meragukan jika tes ini dapat mengubah perilaku pengemudi menjadi lebih tertib. Jusri justru memaparkan bahwa terdapat metode lain yang menurutnya dianggap paling benar, yaitu dengan cara metode ‘penjebakan’ kepada si pemohon SIM ketika sedang menjalani praktek mengemudi di jalan raya.

Metode ‘penjebakan’ sendiri merupakan metode dengan membuat rekayasa lalu lintas menjadi sedemikian rapih atau ketika menghadapi situasi genting saat berkendara yang tidak disadari oleh para pemohon. Trik ini dilakukan sebagai salah satu persyaratan terakhir yang wajib untuk dilakukan oleh setiap pembuat SIM.

“Misalnya, assessor (petugas berlisensi duduk sebagai seorang penumpang), melakukan rekayasa situasi dan kondisi terburu-buru saat melakukan tes praktik nyetir. Nah, pada situasi tersebut, assessor menyarankan agar para pemohon melewati bahu jalan tol atau situasi lainnya, seperti melanggar lampu merah. Disitulah mental para pemohon SIM akan terlihat dengan jelas, apakah dirinya pantas untuk menerima SIM atau tidak,” terang Jusri, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Baca Juga: Ditlantas Polri Tegaskan Usia Minimal Pembuat SIM 16 Tahun

Metode ini menurut Jusri, pernah dilakukan di Indonesia ketika periode 1970-an dan metode ini terbukti berhasil meluluskan para pengemudi yang mampu berperilaku baik di jalanan. Bahkan, di beberapa negara maju, metode tersebut masih menjadi salah satu syarat dalam pembuatan SIM.

“Metode ini telah dilakukan di tahun 1970-an dan terbukti efektif dalam mengetahui perilaku pengemudi kendaraan sebenarnya. Metode ini sebenarnya telah dilakukan di banyak negara, namun di Indonesia, metode ini hanya dilakukan pada perusahaan multinasional saja,” terang Jusri lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sebelum Perjalanan Mudik, Perhatikan Kampas Rem Mobil Anda

OTOmart – Sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan jika kendaraan Anda berada...

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...