Canggihnya Teknologi Mitsubishi Outlander PHEV Yang Perlu Diketahui

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
outlander phev
Mitsubishi Outlander PHEV gunakan sistem canggih (Cnet.com)

OTOmart – Belum lama ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyerahkan 10 unit mobil ramah lingkungan miliknya kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian. Hal ini sebagai tindak lanjut MoU antara pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dengan Kemenperin mengenai Studi Bersama dan Sosialisasi Penggunaan Mobil Listrik kepada masyarakat.

Dari 10 unit mobil yang diserahkan, 8 unit mobil yang diserahkan merupakan mobil berjenis plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), yaitu Mitsubishi Outlander PHEV serta dua unit mobil electric vehicle (EV), yaitu Mitsubishi i-MiEV.

Baca Juga: Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

Mitsubishi Outlander PHEV merupakan kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) berjenis plug ini hybrid yang dapat digunakan untuk melibas setiap medan semi off-road. Mitsubishi Outlander PHEV yang telah disumbangkan ke pemerintah, merupakan salah satu kendaraan yang memanfaatkan kombinasi antara motor elektrik dengan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter.

PHEV sendiri merupakan kepanjangan dari Plug-in Hybrid Electric Vehicle yang menggunakan sistem hybrid di PHEV ini merupakan baterai yang dapat diisi dengan cara mencolokkan listrik langsung ke mobil dengan menggunakan charger. Menggunakan sistem plug-in hybrid, memungkinkan mobil ini dapat melaju hanya dengan mengandalkan baterai saja. Namun tentunya dengan catatan agar baterai selalu siap dalam menyuplai dayanya ke motor listrik.

Dengan kapasitas baterai mencapai 12 kWh yang dapat terisi hanya dalam waktu 25-30 menit atau mencapai kapasitas baterai sebesar 80% dengan sistem pengisian quick charging menggunakan Quick Charger yang merupakan salah satu kelengkapan dari kendaraan ini. Sistem quick charging pada kendaraan ini juga telah menggunakan sistem atau protokol CHAdeMO (charge de move) yang merupakan sistem standar quick charging global yang paling banyak digunakan oleh banyak manufaktur mobil listrik di dunia.

Selain itu, terdapat juga dua unit motor listrik pada mobil ini yang kesemuanya telah ditanamkan pada setiap sisi roda Outlander PHEV (bagian depan dan belakang). Dua motor yang ditanamkan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 164 PS, sedangkan untuk unit mesin bensinnya dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 PS. Sehingga jika ditotal, maka tenaga yang mampu dihasilkan oleh keseluruhan roda saat mesin bensin dan motor listriknya digabungkan dapat mencapai angka 200 PS.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Luncurkan Varian Terbaru Xpander di GIIAS 2018

Cara kerja motor listrik serta mesin bensin Outlander PHEV

Cara kerja motor listrik dan mesin bensin yang terdapat pada Outlander PHEV dibagi menjadi tiga sistem oleh Mitsubishi Motors. Bagian pertama adalah EV Mode atau murni elektrik. Pada bagian ini, mobil dapat melesat hanya dengan menggunakan baterai sehingga mampu menggerakkan motor listrik tanpa melibatkan mesin bensin sama sekali. Hal ini membuat mobil terasa layaknya mobil listrik tanpa adanya suara mesin. Pada mode ini, kendaraan listrik dari Mitsubishi tersebut dapat melesat hingga kecepatan 120 km/jam.

Bagian kedua adalah Hybrid Mode. Dimana pada mode ini, motor listrik akan tetap sebagai penggerak utama. Namun, mesin akan tetap dalam keadaan menyala untuk menjadi generator pengisian baterai.

Bagian ketiga adalah Paralel Hybrid Mode, dimana pada mode ini mesin bensin akan tetap digunakan sebagai penggerak mobil sekaligus untuk mengisi daya baterai. Pada umumnya, kondisi tersebut terjadi saat mobil melakukan akselerasi atau sedang menghadapi jalan menanjak. Kesemua sistem tersebut dapat Anda pilih secara mandiri oleh para pengemudi atau secara otomatis.

Mitsubishi Outlander PHEV ini juga telah dibekali dengan sistem penggerak S-AWC (Super All Wheel Control) yang dapat membuat SUV ini menjadi lebih aman dan lebih stabil.

Sumber: Mitsubishi Motors

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...

Pertolongan Pertama Saat Mobil Matik Bekas Anda Terendam Banjir

OTOmart – Saat banjir melanda wilayah Anda dan merendam mobil matik bekas Anda, maka...