Tata Nano, Mobil Termurah Di Dunia Tidak Diproduksi Lagi

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, New Delhi – Tata Motors India baru-baru ini mengumumkan akan menghapus beberapa jajaran mobil yang telah eksis di India. Setidaknya ada empat mobil dalam portofolio Tata Motors yang akan “disuntik mati” tiga hingga empat tahun ke depan. Salah satu varian yang akan diberhentikan produksinya yakni mobil termurah di dunia Tata Nano.

Tata Motors Marketing Head (passenger vehicle business), Vivek Srivastava, mengatakan bahwa suntik mati ini karena mereka ingin menyederhanakan platform mobil, dari yang sekarang ada enam jadi hanya dua saja.

tata-nano-mobil-termurah-di-dunia-tidak-diproduksi-lagi

“Sampai 2019-2020, kami akan meluncurkan setidaknya empat model baru tanpa menambah jumlah portofolio. Itu artinya kami akan menghilangkan beberapa mobil yang eksis,” ujar Vivek, dikutip dari India Times, Rabu (5/4/2017).

Selain itu, Nano juga akan disuntik mati karena faktanya mobil ini tidak menguntungkan dari segi bisnis. Dikalkulasikan, ongkos produksi Nano sudah mencapai US$ 1.497, sementara mobilnya cuma dijual di kisaran US$ 1.500.

Alasan lain, mobil ini akan tidak kompatibel dengan standar keselamatan baru India serta standar emisi bernama BS VI yang akan diaplikasikan pada 2018.

Sebagai informasi, mobil ini pada Juni 2016 lalu sempat menghebohkan jagad maya Indonesia. Pasalnya, salah seorang netizen mengunggah foto sosok Tata Nano dan menyebut bahwa Nano akan dijual di Indonesia dengan harga di bawah Rp 24 juta.

Baca juga: TMDI Nyatakan Tidak Menjual Tata Nano di Indonesia

Namun nyatanya, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut tidak benar. Berikut kutipan pesan TMDI tahun lalu:

“Sobat Tata Motors yang berbahagia di seluruh Indonesia, pada bulan Agustus 2012 Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) pernah mengeluarkan Siaran Pers untuk mengantisipasi dampak negatif website palsu yang mempromosikan dan menawarkan Tata Nano. Sebagai informasi, sejak TMDI resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 2012 dan sejak TMDI mulai memasarkan produknya di Indonesia pada tahun 2013, Tata Nano belum pernah diluncurkan di Indonesia oleh TMDI dan Tata Nano tidak pernah dipasarkan oleh dealer resmi Tata Motors di Indonesia”.

“TMDI tidak bertanggung jawab atas dampak dari informasi viral di social media tentang penjualan Tata Nano. TMDI menghimbau agar masyarakat berhati-hati. Saat ini TMDI bersama ke-20 dealer-nya di Indonesia hanya memasarkan kendaraan niaga, pick up diesel dan truk diesel”.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya