TAM Luncurkan Taksi LCGC “Transmover”

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Rabu, 30 November 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil khusus taksi. Mobil ini dinamai “Transmover” yang mengusung kelas Low Cost Green Car (LCGC) berformat MPV, seperti halnya pada kendaraan Toyota Calya.

Mobil yang berbasis Avanza, yakni Low MPV berpenggerak roda belakang dengan mesin 1,3 liter ini disajikan dengan peranti yang sangat ekonomis. Tanpa menggunakan gril chrome, foglamp, velg kaleng 16 inci tanpa dop, pengaturan spion manual, doortrim plastik, dan penanggalan headunit. Nama “Transmover” pun dipasang pada bagian bagasi, menggantikan nama Avanza yang selama ini melekat di area bagasi.

tam-luncurkan-taksi-lcgc-transmover
https://www.oto.com/

Strategi ini sebenarnya sudah pernah dan masih digunakan Toyota untuk meniagakan Limo. Mobil sedan berbasis Vios yang dijual untuk usaha taksi.

Dalam presentasi di Jakarta disebutkan, Toyota sengaja menghadirkan model ini untuk menjawab trend pertumbuhan taksi yang menggunakan mobil jenis MPV. Apalagi didorong oleh melejitnya taksi online yang menjamur belakangan ini.

Bahkan pada portofolio Avanza, trim E yakni trim paling bawah mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini mengindikasikan adanya permintaan terus menerus akan model termurah dari Low MPV-nya.

Hal ini yang mendasari PT Toyota Astra Motor untuk memperluas portfolio produknya dengan membuat komposisi Transmover yang berbeda dari Avanza.

TAM menyebutkan Transmover berbasis Avanza ini menggunakan mesin 1.3 liter, yang memang sesuai dengan regulasi pemerintah. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 32 tahun 2016 tentang Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, pasal 18 ayat (2), diatur pelayanan angkutan sewa wajib menggunakan kendaraan penumpang umum minimal 1.300 centimeter cubic (cc).

Artinya, mobil pribadi yang dapat dimanfaatkan sebagai taksi berbasis aplikasi harus memiliki kapasitas mesin di atas 1.300 cc. Dalam hal ini, Transmover pun legal untuk dimanfaatkan sebagai taksi Online.

Sebelumnya para penyedia jasa taksi online sempat mengeluhkan Calya-Sigra yang merupakan Low MPV dengan harga paling terjangkau untuk digunakan sebagai taksi. Pasalnya duo LCGC ini bermesin 1.2 liter yang artinya tak cocok untuk diandalkan sebagai taksi.

Meski belum disebutkan harga pastinya, namun beredar informasi bahwa Transmover akan dijual dengan harga Rp 140 jutaan di Jakarta. Sedangkan untuk daerah lain akan ada penyesuaian. Harga ini tentu lebih terjangkau dibanding Avanza tipe E yang harganya RP 180 jutaan dan masih selevel dengan LCGC Low MPV yang harganya RP 120-150 jutaan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya