Tak Hanya Pikap, Melainkan Ada Mobil Penumpang Esemka

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Sempat booming beberapa saat lalu dikarenakan peluncuran mobil pikap Esemka atau mobil pedesaan, lantas bagaimana kabar kehadirannya saat ini?

Hingga kini kehadiran mobil pikap milik Esemka masih ditunggu-tunggu. Apalagi pihak Esemka sempat menunda peluncurannya pada bulan Agustus lalu, dan saat ini Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Hosea Sanjaya, masih berkelit saat dimintai kepastian terkait kapan peluncurannya.

tak-hanya-pikap-melainkan-ada-mobil-penumpang-esemka
http://otomotif.news.viva.co.id/

Dilansir dari laman Viva.co.id “Nanti saja awal tahun deh jawabannya,” kata Hosea saat ditanya mengenai perkembangan terakhir dari rencana peluncuran mobil pedesaan itu.

Masalah pikap belum jelas kapan peluncurannya, Esemka justru kembali membuat kejutan dengan menyiapkan mobil penumpang. Hal itu terungkap saat Kementrian Perindustrian mengatakan, Nomor Induk Kendaraan (NIK) yang diberikan kepada Esemka juga ada untuk mobil penumpang.

“Telah diberikan izin produksi (mendapatkan NIK) untuk kendaraan angkutan barang dan kendaraan angkutan penumpang, kepada 2 perusahaan masing-masing PT Solo Kreasi Manufaktur dan dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero,” kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

Untuk NIK PT Solo Kreasi Manufaktur diberikan kepada merek Esemka Rajawali dan Esemka Bima dengan kapasitas mesin 1000-1500cc. Sedangkan untuk PT Adiperkasa Citra Esemka Hero diberikan kepada Esemka ADIA dengan kapasitas mesin 1000 – 2000cc.

“Proses produksi kendaraan itu pertama-tama perusahaan mendaftarkan tipe (TPT uji tipe) kendaraan yg akan diproduksi di Kemenperin. Setelah mendapatkan TPT uji tipe, kemudian perusahaan melakukan pengujian atas tipe kendaraan di Kementerian Perhubungan. Setelah lulus uji tipe dan mendapatkan sertifikat registrasi uji tipe kemudian perusahaan mengajukan TPT produksi, dan melakukan produksi massal,” ujar I Gusti.

Jika benar adanya, maka ditargetkan tahun depan mobil pikap maupun mobil penumpang dengan merek Esemka akan meluncur di tanah air. Kedatangannya diharapkan mampu memberikan gebrakan baru di dunia otomotif, dan merubah trend beli mobil Jepang menjadi mobil nasional. Kita tunggu saja seperti apa mobil nasional ini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Lengkap Daihatsu All New Terios 2018

OTOmart – Salah satu pilihan mobil yang tepat untuk Low SUV bekas tahun muda...

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...