Tak Hanya Pikap, Melainkan Ada Mobil Penumpang Esemka

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Sempat booming beberapa saat lalu dikarenakan peluncuran mobil pikap Esemka atau mobil pedesaan, lantas bagaimana kabar kehadirannya saat ini?

Hingga kini kehadiran mobil pikap milik Esemka masih ditunggu-tunggu. Apalagi pihak Esemka sempat menunda peluncurannya pada bulan Agustus lalu, dan saat ini Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Hosea Sanjaya, masih berkelit saat dimintai kepastian terkait kapan peluncurannya.

tak-hanya-pikap-melainkan-ada-mobil-penumpang-esemka
http://otomotif.news.viva.co.id/

Dilansir dari laman Viva.co.id “Nanti saja awal tahun deh jawabannya,” kata Hosea saat ditanya mengenai perkembangan terakhir dari rencana peluncuran mobil pedesaan itu.

Masalah pikap belum jelas kapan peluncurannya, Esemka justru kembali membuat kejutan dengan menyiapkan mobil penumpang. Hal itu terungkap saat Kementrian Perindustrian mengatakan, Nomor Induk Kendaraan (NIK) yang diberikan kepada Esemka juga ada untuk mobil penumpang.

“Telah diberikan izin produksi (mendapatkan NIK) untuk kendaraan angkutan barang dan kendaraan angkutan penumpang, kepada 2 perusahaan masing-masing PT Solo Kreasi Manufaktur dan dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero,” kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

Untuk NIK PT Solo Kreasi Manufaktur diberikan kepada merek Esemka Rajawali dan Esemka Bima dengan kapasitas mesin 1000-1500cc. Sedangkan untuk PT Adiperkasa Citra Esemka Hero diberikan kepada Esemka ADIA dengan kapasitas mesin 1000 – 2000cc.

“Proses produksi kendaraan itu pertama-tama perusahaan mendaftarkan tipe (TPT uji tipe) kendaraan yg akan diproduksi di Kemenperin. Setelah mendapatkan TPT uji tipe, kemudian perusahaan melakukan pengujian atas tipe kendaraan di Kementerian Perhubungan. Setelah lulus uji tipe dan mendapatkan sertifikat registrasi uji tipe kemudian perusahaan mengajukan TPT produksi, dan melakukan produksi massal,” ujar I Gusti.

Jika benar adanya, maka ditargetkan tahun depan mobil pikap maupun mobil penumpang dengan merek Esemka akan meluncur di tanah air. Kedatangannya diharapkan mampu memberikan gebrakan baru di dunia otomotif, dan merubah trend beli mobil Jepang menjadi mobil nasional. Kita tunggu saja seperti apa mobil nasional ini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...

Harga Daihatsu Terios Bekas Kini Mulai Dari Rp 85 Juta

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Terios masih menjadi salah satu mobil primadona di pasar...

Harga Xenia Bekas Semakin Terjangkau, Mulai Rp 50 Jutaan

OTOmart – Hingga kini Daihatsu Xenia bekas masih banyak menjadi incaran para pemburu mobil...