Tahun Depan, KIA Punya Transmisi 8 Percepatan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Seoul – Jika rata-rata kendaraan roda empat menggunakan transmisi 4 hingga 5 percepatan. Kini pabrikan asal Korea – KIA tengah mempersiapkan juga mengembangkan sistem transmisi dengan tingkat percepatan 8-speed.

Saat ini para pabrikan otomotif kelas dunia tengah berlomba-lomba untuk menciptakan produk berteknologi tinggi dan lebih efisien. KIA kini menjadi perbincangan publik dikarenakan niatannya mengembangkan percepatan 8-speed. Rencananya transmisi terbaru ini akan disematkan pada model terbaru Cadenza yang akan diluncurkan tahun depan.

tahun-depan-kia-punya-transmisi-8-percepatan

Dengan tingkat percepatan yang mencapai 8-speed, KIA Cadenza diyakini akan menciptakan penggunaan bahan bakar yang lebih irit dan ramah lingkungan. Transmisi ini rencananya akan dipadukan dengan sistem penggerak roda depan, seperti milik Cadenza. Transmisi yang dinamakan FWD 8 AT ini juga disebutkan memiliki tingkat efisiensi dalam hal tekninal dan perpindahan transmisinya sangat halus.

KIA menyatakan, FWD 8 AT memiliki bobot 3,5 kg lebih ringan dibanding transmisi 6-speed dan membutuhkan ruang yang sama dengan model konvensional. Pengembangan transmisi ini disebutkan telah dilakukan sejak 2012 dan KIA juga telah mendaftarkan 143 hak patennya terkait data agregat. Mobil yang akan dilengkapi transmisi ini, yaitu KIA Cadenza diperkirakan akan diluncurkan pada 2017 mendatang dan dilengkapi mesin 3.3. L V6 GDI.

Selain Cadenza, kedepannya, KIA berencana menawarkan beberapa model khususnya yang berada di segmen menengah, dan besar namun hanya dapat diaplikasikan di front wheel drive yang memang menjadi tujuan utama. KIA mengatakan proses pembuatan transmisi 8-speed ini dapat mengurangi ukuran pompa minyak di gearbox yang bisa mengakibatkan hilang tenaga di transmisi konvensional.

Tak hanya itu, body valve juga disederhanakan dengan mengurangi jumlah katup dari sebelumnya 20 dari transmisi lama, menjadi 12 dengan perpindahan transmisi yang lebih cepat. Jika dibandingkan dengan transmisi 6-speed AT yang melekat pada model-model KIA sekarang, transmisi FWD 8 AT ini lebih ringan namun membutuhkan ruang yang lebih besar.

Perubahan terbesar adalah perbandingan antara gigi tertinggi dan gigi terendah yang meningkat 34% jika dibandingkan 6-speed dengan memberikan dorongan untuk tingkat ekonomis bahan bakar, serta mengurangi kebisingan, getaran, dan kekerasan di berbagai cara mengemudi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya