Suzuki Ignis Sang Pengganti Suzuki Splash?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada akhirnya mengungkapkan perihal berakhirnya produksi masal Suzuki Splash.

Secara terbuka pihak SIS membenarkan jika Suzuki Splash sudah berhenti diproduksi massal. Padahal sejak akhir 2014 lalu, kabar terkait pemberhentiannya sudah ramai diperbincangkan, dan pihak SIS sempat menampik berita tersebut.

Diungkapkan oleh Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra jika Suzuki Splash berhenti produksi namun penjualan masih dilakukan. Hal ini dikarenakan jumlah stok Splash di beberapa diler masih ada walaupun jumlahnya tak seberapa.

Dikutip dari otomotif kompas, “Memang sudah tidak diproduksi lagi, tetapi di diler kami, masih ada, dan tidak banyak stoknya. Ini buka berarti kami lantas menjual stok secara habis-habisan (terkait diskon), karena memang masih banyak yang menginginkan produk ini,” ujar Donny, di Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Donny juga menambahkan jika ketersediaan Splash tidak bisa diketahui jumlahnya berapa banyak, sehingga dirinya tidak bisa menjamin seratus persen ketersediannya di setiap diler.

Makmur, 4W Direktur Penjualan SIS, menambahkan, terkait pemindahan produksi Splash di Indonesia, hal tersebut sangat tidak efisien. Salah satunya karena harus mempertimbangkan economic order quantity (EOQ).

“Lebih baik kami keluarkan model baru saja nanti,” tutur Makmur.

Melihat data penjualan Splash, secara wholesales Januari-Mei 2016 ini mencapai 478 unit. Pabrik Suzuki Splash Indonesia ada di Maruti Suzuki di Manesar, India.

Lantas siapa calon pengganti Splash? Apakah sudah ada kandidat terbaru?

Menurut beberapa prediksi, Suzuki Ignis bisa dikatakan akan menjadi pengganti Suzuki Splash. Suzuki Ignis merupakan mobil kompak yang akan menemani aktifitas keseharian pemiliknya. Suzuki Ignis juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi, cenderung boxy, mirip seperti Suzuki Jimny yang dikabarkan batal hadir untuk Indonesia.

Suzuki Ignis memboyong mesin 1.0 liter maupun 1.2 liter yang sudah menggunakan teknologi turbo. Namun bisa jadi, Suzuki Ignis yang meluncur di tanah air akan menggunakan mesin yang sama dengan Splash yakni 1.2 liter tanpa turbo.

Diprediksi pula, Suzuki Ignis akan memboyong sejumlah fitur keamanan lengkap, seperti Airbag, ABS, EBD, ESP, Hill-Hold, Hill Descent Control, Lampu depan otomatis, dan lampu depan. Tambahan lagi Suzuki Ignis memiliki lampu kabut menggunakan LED.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...