Suzuki Ignis Sang Pengganti Suzuki Splash?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada akhirnya mengungkapkan perihal berakhirnya produksi masal Suzuki Splash.

Secara terbuka pihak SIS membenarkan jika Suzuki Splash sudah berhenti diproduksi massal. Padahal sejak akhir 2014 lalu, kabar terkait pemberhentiannya sudah ramai diperbincangkan, dan pihak SIS sempat menampik berita tersebut.

Diungkapkan oleh Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra jika Suzuki Splash berhenti produksi namun penjualan masih dilakukan. Hal ini dikarenakan jumlah stok Splash di beberapa diler masih ada walaupun jumlahnya tak seberapa.

Dikutip dari otomotif kompas, “Memang sudah tidak diproduksi lagi, tetapi di diler kami, masih ada, dan tidak banyak stoknya. Ini buka berarti kami lantas menjual stok secara habis-habisan (terkait diskon), karena memang masih banyak yang menginginkan produk ini,” ujar Donny, di Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Donny juga menambahkan jika ketersediaan Splash tidak bisa diketahui jumlahnya berapa banyak, sehingga dirinya tidak bisa menjamin seratus persen ketersediannya di setiap diler.

Makmur, 4W Direktur Penjualan SIS, menambahkan, terkait pemindahan produksi Splash di Indonesia, hal tersebut sangat tidak efisien. Salah satunya karena harus mempertimbangkan economic order quantity (EOQ).

“Lebih baik kami keluarkan model baru saja nanti,” tutur Makmur.

Melihat data penjualan Splash, secara wholesales Januari-Mei 2016 ini mencapai 478 unit. Pabrik Suzuki Splash Indonesia ada di Maruti Suzuki di Manesar, India.

Lantas siapa calon pengganti Splash? Apakah sudah ada kandidat terbaru?

Menurut beberapa prediksi, Suzuki Ignis bisa dikatakan akan menjadi pengganti Suzuki Splash. Suzuki Ignis merupakan mobil kompak yang akan menemani aktifitas keseharian pemiliknya. Suzuki Ignis juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi, cenderung boxy, mirip seperti Suzuki Jimny yang dikabarkan batal hadir untuk Indonesia.

Suzuki Ignis memboyong mesin 1.0 liter maupun 1.2 liter yang sudah menggunakan teknologi turbo. Namun bisa jadi, Suzuki Ignis yang meluncur di tanah air akan menggunakan mesin yang sama dengan Splash yakni 1.2 liter tanpa turbo.

Diprediksi pula, Suzuki Ignis akan memboyong sejumlah fitur keamanan lengkap, seperti Airbag, ABS, EBD, ESP, Hill-Hold, Hill Descent Control, Lampu depan otomatis, dan lampu depan. Tambahan lagi Suzuki Ignis memiliki lampu kabut menggunakan LED.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Inilah Teknologi Dynamic Force Pada Mobil Toyota Terbaru

Otomart, Jakarta – Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi pada kendaraan saat ini menjadi tuntutan produsen mobil. Namun tidak berhenti sampai disitu, kinerja (performa) mesin juga harus tetap mumpuni. Melihat kondisi tersebut, Toyota saat ini sedang merombak teknologi mesinnya … Lihat Selengkapnya

Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Otomart, Jakarta – Sehebat apapun Anda dalam menerapkan Teknik menyetir eco driving, tetap saja tujuan untuk dapat mengirit penggunaan bahan bakar tidak akan maksimal jika Anda tidak melakukan beberapa persiapan. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui serta menjadi dasar … Lihat Selengkapnya

Ternyata Inilah Penyebab Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Otomart, Jakarta – Sistem pendingin pada kendaraan sangatlah penting peranannya, sehingga sangat perlu untuk menjaga kestabilan suhu kerja mesin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil bermasalah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat mesin semakin panas sehingga akan menyebabkan komponen pada mesin … Lihat Selengkapnya