Penjualan SUV di Pasar Mobil Bekas Semakin Meningkat

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
suv
Mobil SUV di pasar mobil bekas semakin meningkat penjualannya (Otomart)

OTOmart – Pada umumnya pasar mobil bekas akan dihiasi dengan berbagai mobil kota dan multi purpose vehicle (MPV). Namun pada kenyataannya, mobil bekas berjenis sport utility vehicle (SUV) beberapa pekan ini tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kondisi ini terjadi dan dirasakan oleh beberapa pengusaha mobil bekas sejak awal Agustus 2018 kemarin.

Untuk tren pasarnya pun beragam, mulai dari SUV berkapasitas tujuh penumpang hingga SUV dengan kapasitas lima penumpang. Akan tetapi jika Anda mencari SUV berkapasitas tujuh penumpang, maka Anda akan banyak menemukan produk lawas antara tahun 2000 hingga tahun 2008 yang menggunakan mesin diesel.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Dealer Mobil88

“Biasanya untuk mesin SUV dengan tujun penumpang itu didominasi oleh mesin-mesin diesel, seperti Fortuner dan Pajero. Namun konsumen sih biasanya lebih tertarik beli SUV tahun lama karena harganya yang jauh lebih murah, seperti Pajero keluaran tahun 2006 hingga tahun 2007 yang dijual sekitar Rp200 juta sampai Rp230 jutaan,” terang Herjanto Kosasih, Senior Manager Marketing pusat mobil bekas WTC Mangga Dua, Senin (27/8) seperti dilansir laman Kompas.com.

Walaupun peminat konsumen untuk unit Pajero dan Fortuner cukup tinggi, namun ketersediaan mobil tersebut untuk tahun lawas cukup langka. Saat ditanyakan mengenai pilihan transmisi yang paling banyak diminati oleh para konsumen, Herjanto mengatakan bahwa hal tersebut tergantung dari model. Bagi para konsumen yang berminat untuk membeli Fortuner, biasanya masih ada yang memilih transmisi manual, sedangkan untuk Pajero sudah tentu banyak yang memilih matik sebab untuk model manualnya baru dirilis pada tahun 2016 lalu sehingga harganya masih cukup tinggi.

Pertumbuhan mobil SUV di pasar mobil bekas turut dirasakan oleh para pemilik showroom mobil bekas yang berada di MGK Kemayoran. Namun, di lokasi ini SUV yang banyak dicari oleh para pembeli mobil bekas adalah SUV model dua baris atau berkapasitas lima penumpang, seperti Mazda CX5 dan Honda HR-V.

Khusus untuk Honda HR-V bekas nilainya masih cukup tinggi dan stabil di pasar mobil bekas, yaitu sekitar Rp250 hingga Rp255 juta untuk model 1.5L yang merupakan tipe teratas mobil HR-V produksi tahun 2016. Sedangkan untuk Mazda CX-5 harganya berkisar antara Rp230 hingga Rp240 jutaan unit produksi tahun 2013.

Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Showroom Mobil Nakal

“Untuk CX-5 sebenarnya harganya sudah turun, walaupun masih sedikit tinggi, soalnya dari segmen sendiri dia lebih mewah dibandingkan yang lain. Sedangkan untuk HR-V rata-rata peminatnya merupakan peralihan dari Honda Jazz, jadi kalau mau naik kelas gunakan HR-V namun mesin yang digunakan sama seperti yang digunakan pada Honda Jazz dengan anggapan perawatannya lebih murah,” terang Teddy lagi.

Sedangkan untuk mobil Rush dan Terios hingga saat ini masih sepi peminat sehingga membuat para pedagang enggan untuk mengambil stok dari kedua medium SUV tersebut. Bahkan para pedagang menuturkan jika Terios dan Rush telah kalah bersaing dengan para rivalnya terutama dari modelnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Siapa Sangka, Pajero Sport Dakkar Modifikasi Ini Tampil Rally Look

OTOmart – Banyak yang mengatakan jika gara rally look pada mobil hanya cocok untuk...

Selama Oktober 2018, Toyota Avanza Berhasil Ungguli Xpander

OTOmart – Persaingan mobil jenis Low MPV di Indonesia sepertinya semakin sengit saja, terutama...

Modifikasi Honda Brio Ini Bikin Tampilannya Lebih Mewah

OTOmart – Jika Anda terbiasa melihat Honda Brio 2017 yang biasa-biasa saja. Namun setelah...

Bersiaplah, Pekan Ini Toyota Bakal Rilis Sedan Corolla Terbaru

OTOmart – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu kendaraan andalan Toyota di pasar...

Keren! Daihatsu Xenia Ini Tampil Nyentrik Dengan Kelir Batman

OTOmart – Daihatsu Xenia dikenal sebagai salah satu mobil terlaris dan merupakan pemain lama...

Wuling Confero Cuma Dapat 1 Bintang Dari Uji Tabrak Asean NCAP

OTOmart – Dalam menentukan tingkat keselamatan pada sebuah mobil biasanya para pabrikan akan melakukan...