Ketahui Spesifikasi Kijang Innova Tipe Q Sebelum Membelinya

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kijang innova
Tampilan Kijang Innova Tipe Q (Info Otomotif)

OTOmart – Sebagai salah satu pabrikan otomotif terbesar di tanah air, Toyota tidak pernah sepi dalam melakukan berbagai inovasi untuk menarik para konsumennya. Salah satu produk yang pernah diluncurkan oleh Toyota adalh All New Kijang Innova tipe Q.

Ketika pertama kali diperkenalkan ke public, mobil Innova tipe Q ini menjadi varian tertinggi dari berbagai varian Innova lainnya, bahkan harganya pun telah menembus angka Rp 400 juta. Tipe Q mempunyai dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.0 dan diesel 2.4. Di bagian transmisinya, mobil ini mempunyai dua pilihan yang sama seperti varian Innova lainnya, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Setelah sukses dengan Innova tipe Q, Toyota akhirnya meluncurkan lagi Innova Venturer yang merupakan varian lebih tinggi dari pada tipe Q. Kelas dan namanya pun dibedakan oleh Toyota sama seperti yang dilakukan pada Avanza dan Veloz.

Fitur Kijang Innova

Dengan dirilisnya Venturer rupanya menghilangkan satu varian lain, yaitu Innova 2.4 Q yang sebelumnya berposisi sebagai Innova termahal sekaligus mempunyai fitur terlengkap. Meskipun mempunyai tipe yang sama, namun antara Innova bensin dengan Innova diesel tentu mempunyai perbedaan pada fitur keselamatannya. Innova diesel telah dilengkapi dengan fitur Hill Assist Control (HAC) yang mampu menjaga posisi mobil saat melakukan start di medan yang menanjak serta Vehicle Stability Control (VSC) yang mampu mencegah agar mobil tidak tergelincir.

Baca Juga: Avanza, Innova, Yaris Raih Penghargaan Top Brand Award

Selain itu, airbag yang ditempatkan pada mobil ini juga lebih banyak dengan tambahan pada bagian tirai jendelanya. Perbedaan ini ternyata berlanjut pada Venturer, dimana mobil bervarian bensin dan diesel juga dibedakan pada tiga fitur keselamatan tersebut. Kondisi ini wajar, sebab varian ini menggunakan Innova Q sebagai basis utamanya.

Fitur HAC dan VSC disadari Toyota merupakan fitur yang cukup penting terutama bagi mesin diesel. Dengan tenaga serta torsi yang besar akan membuat mobil sangat sulit untuk dikendalikan, jika fitur ini dinonaktifkan, maka Innova diesel akan dengan mudah melakukan burnout (membuat kepulan asap dengan ban). Hal yang tidak akan didapatkan pada Kijang Innova bervarian bensin, sebab output yang dihasilkan mesin tidak akan memberikan performa yang galak justru malah cenderung melemah.

kijang innova
Sumber: Camargus

Harga Kijang Innova Q bertransmisi manual dan otomatis sangat berbeda. Untuk harga Innova 2.0 Q MT mempunyai harga Rp 387,2 juta sedangkan Innova 2.0 Q AT dibanderol dengan harga RP 407,5 juta. Perbedaannya cukup mencolok hampir Rp 40 jutaan. Lalu apa saja sih perbedaannya dari kedua mobil tersebut?

Baca Juga: Harga Innova Venturer Termurah Rp 386 Jutaan

Fitur-fitur yang terdapat pada Kijang Innova tipe Q pastinya telah mengangkat derajat Toyota Kijang ke level yang lebih tinggi lagi. Meskipun desainnya tidak banyak berubah dan hanya dibedakan dari pelek ukuran 17-inci, side body moulding serta antenna model shark fin. Saat Anda masuk ke dalam kabinnya, maka Anda akan merasakan sisi kemewahan mobil Kijang Innova tipe Q. Selain itu, untuk menyalakan mesinnya, Anda tidak perlu lagi mengandalkan anak kunci untuk menyalakannya, cukup untuk mengantongi Smart Entry Key. Cukup tekan tombol hitam yang terdapat di gagang pintu, masuk lalu tekan tombol start engine untuk menyalakan mesin.

Di bagian interior, mobil Innova Q lebih banyak mencirikan perbedaan jika dibandingkan dengan Innova V. Suasana mewah pada mobil ini sangat terpancar berkat sentuhan trim kayu di bagian setir, dashboard serta panel pintunya. Warna joknya pun berubah menjadi warna hitam tidak seperti pada Innova G dan V yang berwarna jingga. Selain itu, Innova Q juga telah tersedia headunit layar sentuh berukuran 8-inci sama seperti pada Innova V. Namun perbedaannya terdapat fitur air gesture yang berfungsi untuk mengontrol melalui gerakan tangan. Power window yang disematkan pada Innova tipe Q juga telah di setting otomatis di semua jendelanya. Selebihnya tipe Q ini mempunyai fitur yang sama dengan tipe V, seperti Auto AC, Multi Information Display (MID) model TFT, meja lipat yang berada di baris kedua serta lampu ambient LED.

Sumber: oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....