SMAN 19 Bandung Best of The Best Toyota Eco Youth 2015

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Sebanyak 20 sekolah, baik tingkat SMA maupun SMK, yang menjadi finalis Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 berhasil menuntaskan realisasi proyek lingkungan hidup dan memperoleh penilaian dari dewan juri. Terpilih masing-masing tiga pemenang untuk setiap kategori yang terdiri dari Kategori Science dan Kategori Sosial, serta satu pemenang lainnya yang merupakan Best of The Best.

Untuk Kategori Science, SMAN 6 Denpasar dengan proyek “Lembah Upacara Yadnya” keluar sebagai juara 1, SMAN 1 Blora dengan proyek “Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell sebagai Pembangkit Listrik pada Perangkap Serangga” sebagai juara 2, dan SMAN 6 Banjarmasin dengan proyek “Pembuatan Alat Sederhana Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi” sebagai juara 3.

Untuk Kategori Sosial, SMAN 19 Bandung dengan proyek Babarengan “Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi” keluar sebagai juara 1, SMAN 5 Surabaya dengan proyek “Cyber Nature” juara 2, serta SMAN 1 Ubud dengan proyek “Bike & Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi” juara 3. Para pemenang di masing-masing kategori berhak atas hadiah Rp 70 juta untuk pemenang pertama, Rp 50 juta pemenang kedua, serta Rp 30 juta pemenang ketiga.

Pemenang Best of The Best diraih SMAN 19 Bandung dengan hadiah tambahan pelatihan lingkungan di Jepang. Total hadiah yang diberikan dalam program TEY ke-9 ini mencapai Rp 660 juta. “Harapan kami, program Toyota Eco Youth dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan, untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan,” ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

TEY merupakan komitmen Toyota Indonesia untuk berperan serta membangun generasi muda dalam hal pelestarian lingkungan hidup melalui kompetisi dengan meningkatkan kesadaran dan peran aktif mereka. TEY pertama kali diselenggarakan pada 2005 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-9. TEY ke-9 digelar dengan mengambil tema Green Geoneration dan sudah resmi dimulai pada September 2014.

Program TEY terbagi 2 kategori utama dan 1 kategori tambahan, yaitu kategori science, di mana peserta diharapkan dapat menciptakan suatu produk/benda yang bermanfaat bagi lingkungan, dan kategori sosial, di mana peserta diharuskan untuk membuat suatu gerakan/kampanye yang mengajak lingkungan sekitar untuk berkontribusi bagi lingkungan. Sedangkan 1 kategori tambahan adalah improvement yang dilakukan dalam penyelenggaraan TEY ke-9.

Jumlah proposal yang masuk mencapai 1.709 proposal, yang kemudian diseleksi oleh dewan juri dan 20 di antaranya berhak menjadi finalis yang terdiri dari 12 proyek science dan 8 proyek sosial. Para finalis diberi kesempatan untuk mengikuti workshop untuk merealisasikan proposal mereka dengan mendapat bantuan dana dan bimbingan dari Toyota Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...