Penerapan Sistem One Way Saat Mudik Mulai Dari KM 70

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
sistem one way
Ilustrasi (Jawa Pos)

OTOmart – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah membuat beberapa kebijakan baru yang harus diperhatikan oleh para pemudik. Salah satunya adalah penerapan sistem one way ketika arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dimulai dari KM 70 di GT Cikampek Utama (Cikatama) hingga sampai ke KM 262 yang berada di ruas Tol Pejagan-Pemalang.

Baca Juga: Sebelum Perjalanan Mudik, Perhatikan Kampas Rem Mobil Anda

Hal ini diungkapkan oleh General Manager Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman yang mengatakan bahwa penerapan sistem one way saat arus mudik akan mulai diberlakukan mulai hari Kamis (30/5/2019) hingga Minggu (2/6/2019) mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB.

“Untuk sistem one way kali ini terjadwal dan telah diinformasikan terlebih dahulu ke pengguna jalan. Sedangkan untuk tahun lalu kan tidak ada informasi seperti ini,” ucap Raddy, seperti dilansir laman Kompas.com.

Selain itu, Raddy juga mengungkapkan jika untuk arus balik nanti, sistem one way akan mulai diterapkan dari KM 189 yang terletak di ruas Tol Palimanan hingga KM 70 yang terletak di GT Cikatama. Untuk sistem one way arus balik ini, akan mulai diberlakukan sejak Sabtu (8/6/2019) hingga Senin (10/6/2019) mulai dari pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Melalui informasi jadwal penerapan sistem one way baik saat mudik maupun arus balik seperti ini, Raddy mengharapkan agar nantinya para pemudik dapat mengatur waktu perjalanannya sehingga lebih efisien dan efektif.

“Dengan adanya informasi ini diharapkan paling tidak masyarakat sudah dapat mengatur waktu perjalanannya. Kalau tahun lalu kan tidak diatur sehingga membuat kita semua kaget. Nah, sekarang orang sudah bisa mengatur sejak dini, misalnya mau lewat tol atau untuk arah sebaliknya saya harus menghindari jam-jam one way seperti itu kan bisa,” terang Raddy lagi.

Baca Juga: Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri sebelumnya telah mengatakan jika pemberlakuan skema contraflow serta one way ini merupakan hasil dari pertimbangan lalu lintas jarak pendek, serta lalu lintas dari dan menuju ke arah Bandung, Jawa Barat.

“Untuk jalur one way itu hanya bisa digunakan oleh kendaraan kecil saja. Jadi kalau untuk kendaraan besar atau bus dan pengguna jalan rute pendek agar dapat menggunakan jalur normal saja,” pungkas Refdi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kualitas terbaikOtomart.id menyediakan beragam mobil bekas dari seluruh dealer mobil bekas di Indonesia. Segera kunjungi Otomart.id dan miliki mobil impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...