Mulai Besok Tol JORR Dikenakan Single Tarif Rp 15 Ribu

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jorr
Mulai besok semua jalan tol JORR dikenakan single tarif sebesar Rp 15 ribu (Inapex)

OTOmart – Jasa Marga besok, Rabu (20/6) akan menerapkan integrase transaksi untuk Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) mulai dari pukul 00.00 WIB. Ini berarti, tarif tol JORR baik jarak jauh maupun jarak dekat akan dikenai tarif yang sama.

Besaran tarif yang dikenakan yaitu sebesar Rp 15.000 bagi kendaraan golongan I, sedangkan untuk golongan II dan III dikenakan tarif sebesar Rp 22.500 dan bagi kendaraan golongan IV dan V akan dikenakan tarif sebesar Rp 30.000.

Integrasi sistem pembayaran tersebut akan diberlakukan pada ruas tol JORR seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami).

Baca Juga: Hati-Hati! Melintas di Tol Fungsional Kecepatan Maksimal 40 KM/Jam

Lalu akan dilanjutkan ke seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), E2 (Cikunir-Cakung), E3 (Cakung-Rorotan). Dilanjutkan ke Jalan Tol Akses Tanjung Priok untuk seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Kebijakan ini sebelumnya akan dilakukan pada Rabu, (13/6) namun ditunda dengan tujuan agar sosialisasi yang dilakukan kepada para pengguna tol lebih lama. “Waktu untuk melakukan sosialisasi diperpanjang, jadi untuk tanggal 13 besok tidak jadi dilaksanakan,” ucap Corporate Secretary Jasa Marga, Agus Setiawan, seperti dilansir laman Detik.com pada Selasa pekan lalu.

Kebijakan ini sendiri telah diatur dalam surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Surat Keputursan bernomor 382/KPTS/M/2018 tertanggal 5 Juni 2018 mengenai penetapan golongan jenis kendaraan bermotor, tarif serta sistem pengumpulan tol melalui sistem integrasi pada Jalan Tol JORR.

Sebelum dilakukannya sistem integrasi ini, para pengguna jalan Tol JORR seksi W1, W2U, W2S, S, E1, E2, E3, ATP (SS Penjaringan sampai Kebon Bawang) serta Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami yang akan melakukan perjalanan menuju Simpang Susun Penjaringan serta Kebon Bawang maupun ke arah sebaliknya harus melakukan transaksi pembayaran tol sebanyak dua kali.

Kondisi tersebut tentunya tidak efektif bahkan cenderung menyebabkan antrean kendaraan yang cukup padat, terutama pada beberapa gerbang tol utama, seperti Gerbang Tol Meruya Utama, Gerbang Tol Meruya Utama 1, Gerbang Tol Semper Utama serta Gerbang Tol Rorotan.

Baca Juga: Daftar Diskon Jalan Tol Selama Mudik Lebaran 2018

Setelah diberlakukannya integrasi sistem ini, maka para pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan menuju SS Penjaringan serta ke Kebon Bawang maupun arah sebaliknya hanya melakukan transaksi pembayaran sebanyak satu kali. Kondisi ini diharapkan mampu membantu kelancaran arus lalu lintar yang berada di Tol JORR sehingga meringankan biaya logistik, terutama angkutan truk yang biasanya melintas tol JORR secara penuh.

Selain itu, kebijakan yang diambil pemerintah tersebut juga membuat masyarakat yang akan melewati ruas Tol JORR W1, JORR W2U, W2S, S, E1, E2, E3, akses menuju Tanjung Priok, Ulujami menuju Pondok Aren pun akan dikenakan transaksi satu kali pembayaran tanpa melihat jarak yang ditempuh.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...

Tips Memilih Roof Box Untuk Mudik Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

OTOmart – Dalam beberapa minggu lagi, masa libur Lebaran akan segera tiba. Hal ini...