Serunya Sehari Bersama Line Up Porsche di Sirkuit Sentul

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Bogor – Kesempatan langka datang dari tawaran PT Eurocars Artha Utama, agen pemegang merek mobil Porsche di Indonesia yang mengajak jurnalis nasional, termasuk redaksi OTOCOID, untuk menjajal semua model Porsche. Dikemas dalam Porsche World Roadshow Indonesia 2015 di Sirkuit International Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 11-20 September 2015, Eurocars menhadirkan 22 mobil Porsche dari berbagai model dengan setir kiri.

Line up yang hadir, sebut saja Cayman, Boxter, 911, Panamera, hingga SUV Cayanne dan Macan, hingga varian beremblem penanda performa seperti Turbo, Turbo S, GTS, GT3 RS, GT4 juga dipersilahkan untuk dijajal. Para jurnalis ini sebelumnya diberi pengarahan oleh lima instruktur professional Porsche yang didatangkan langsung dari Jerman. Pengalaman ini tentu saja dimanfaatkan redaksi untuk menambah ilmu dan keahlian mengemudikan mobil-mobil sports khas Porsche.

Redaksi tidak menyia-nyiakan kesempatan ini danikut menimba ilmu dan mengasah kemampuan di program Porsche World Roadshow 2015 ini. Acaranya sendiri berlangsung padat dari pagi hingga sore. Ada empat materi dan praktik yang disajikan, yakni handling 1, slalom dan pengereman, offroad, dan handling 2. Metode handling 1 dan 2 termasuk yang paling diminati peserta, karena dapat merasakan langsung kehebatan tenaga mesin Porsche dari berbagai model.

Contohnya yang paling berkesan adalah saat menunggangi Panameran Turbo S yang memiliki performa bengis yang berasal dari mesin V8 berkapasitas 5 liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 570 hp dengan torsi buas 750 Nm, sehingga mampu menghempas body pengendaranya ke belakang. Selain performanya yang gahar untuk semua model Porsche, pabrikan asal Jerman ini juga memiliki kualitas handling dan kestabilan yang mumpuni.

Materi lain yang menjadi bahan pelajaran dari instruktur bernama Sebastien ini adalah bagaimana rekayasa Porsche sukses meminimalisasi gejala understeer dan oversteer menggunakan Panamera Turbo S. Seluruh peserta ini diberikan pengalaman dalam mengemudi masuk dan keluar tikungan secara benar dan meminimalisasi understeer maupun oversteer. Sungguh menyenangkan saat menikung di kecepatan tinggi tanpa terasa gejala limbung.

Pengujian berikutnya adalah melalui teknik slalom dan pengereman. Pada metode ini, peserta dituntut memiliki kontrol pengendalian secara cepat dan tepat melewati beberapa cone. Pada slalom ini diadakan kompetisi tercepat, dan hasilnya redaksi OTOCOID menjadi yang tercepat ketiga terbaik, dari sekitar 30 peserta yang ikut berpartisipas. Untuk sesi pengereman, peserta dituntut memiliki perhitungan yang tepat dengan menyeleraskan antara menginjak pedal rem saat penentuan titik mobil harus berhenti.

Metode selanjutnya sangat menantang, yaitu medan offroad. Menggunakan Porsche Cayenne, peserta ditantang melewati berbagai medan terjal dan curam dengan kemiringan di atas 40 derajat. Saat menanjak, instruktur meminta kami untuk melepas pedal gas, tanpa menginjak rem atau mengaktifkan rem tangan. Apa yang terjadi? Ternyata Cayenne tetap berada di tempatnya, tanpa mobil menggelinding mundur, meskipun kami tidak melakukan apapun. Canggih bukan?

Diluar metode pelatihan tersebut, Sebastian tetap berpesan, meskipun mobil Porsche didukung fitur electronic stability program (ESP) yang mampu menjaga stabilitas kendaraan, namun faktor cara berkendara dari pengemudi tetap menjadi faktor utama penentu keselamatan di jalan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Spesifikasi Mobil Calya yang Di Desain Untuk Jalanan Indonesia

OTOmart – Toyota akhirnya meluncurkan produk MPV terbarunya, yaitu Toyota Calya yang telah didesain secara khusus untuk berbagai kondisi jalan serta kebiasaan masyarakat Indonesia. Dengan desain yang cukup bagus membuat mobil Calya ini dapat diterima dengan sangat baik di pasar … Lihat Selengkapnya

Inilah 5 Mobil Truk Terbaik Tanah Air Impian Para Pengusaha

Otomart – Dunia otomotif semakin lama semakin mengalami kemajuan sehingga produksi mobil dari semua jenis dan tipe semakin meningkat. Namun, hal ini terjadi bukan hanya pada mobil pribadi saja, mobil truk sendiri pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Mobil truk … Lihat Selengkapnya

Harga Mesin Mobil Bekas Eks Singapura Tahun 2017

Otomart – Saat ini mobil bekas sedang mengalami tren peningkatan akibat pertumbuhan ekonomi yang sedang lesu. Mobil bekas memang menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin mempunyai kendaraan roda empat untuk kegiatan sehari-hari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam membeli … Lihat Selengkapnya