Sensor Airbag Bermasalah, Toyota Recall 24 Ribu Kendaraannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
airbag toyota
Sumber: Time

OTOmart – Jika Anda merupakan pemilik kendaraan Toyota Alphard, Corolla Altis, Innova, Hilux atau Fortuner produk keluaran Mei 2015 – Januari 2016 sebaiknya segera bawa kendaraan Anda tersebut ke bengkel servis resmi Toyota. Sebab, disinyalir sebanyak 24.662 unit dari berbagai macam model tersebut mempunyai masalah sensor airbag. Pengumuman resmi ini dilakukan Toyota dengan tujuan melakukan pemeriksaan produk-produk tersebut sebagai bagian dari program dari Special Service Campaign (SSC) Toyota.

Program SSC sebetulnya merupakan salah satu program yang dibuat oleh PT Toyota Astra Motor menindaklanjuti hasil pengumuman dari Global Toyota Motor Corporation (TMC) yang memerintahkan untuk memanggil berbagai model-model produk milik Toyota yang mengalami masalah pada sensor airbag-nya.

Baca Juga: Bukan Airbag, Ternyata Ini Loh Fitur Keselamatan Utama Pada Mobil

Vice President Director Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan jika pihaknya sangat mengutamakan pelayanan secara menyeluruh kepada semua pelanggannya, termasuk salah satunya adalah dengan terus meningkatkan kualitas layanan purnajual kendaraan Toyota.

“SSC sendiri hadir dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat dan efektif kepada para pelanggan Toyota. Karena itu, kami menghadirkan SSC sebagai bagian dari salah satu upaya kami dalam mewujudkan semangat peace of mind untuk para pelangan,” ucap Henry, seperti dilansir laman Oto.com, Jum’at (11/5) yang lalu.

Kirimkan Surat Resmi

recall
Sumber: Morguefile

Agar program SSC berjalan dengan baik, maka Toyota juga telah mengirimkan surat resmi kepada para pemilik kendaraan sebagai undangan untuk datang ke bengkel terdekat. Apabila para pemilik kendaraan menemukan suatu indikasi yang tidak biasa pada airbag atau pun perangkat lainnya, maka Toyota menyarankan untuk segera mengunjungi bengkel terdekat untuk segera dilakukan tindak lanjut. Untuk masalah biaya, karena program ini merupakan program resmi dari Toyota, maka tentunya penanganan tidak akan dikenakan biaya sama sekali, selama komponen yang bermasalah masih termasuk ke dalam program.

Selain sensor, sebenarnya TAM juga telah menjalankan program yang mirip sebelumnya, namun masalahnya hal itu berlaku pada airbag inflator saja. Bahkan program recall airbag inflator yang telah berjalan sejak tahun 2015 lalu berlaku hingga saat ini, dan masih pihak Toyota masih terus melakukan pemanggilan kepada para pemilik kendaraan yang hingga saat ini belum memenuhi panggilan dari undangan tersebut.

Total sebanyak 117.117 unit telah ditangani, dimana jumlah ini lebih banyak dari data yang telah dikumpulkan oleh Toyota sebelumnya yang hanya berjumlah 97.980 unit. Jumlah tersebut berasal dari produk kendaraan Toyota Alphard produksi tahun 2010-2014, Nav1 yang merupakan produksi keluaran tahun 2012-2013, Camry produksi keluaran tahun 2002-2004, Corolla produksi tahun 2001-2013, Vios produksi keluaran tahun 2006-2013, dan Yaris produksi tahun 2006-2013. Bahkan hingga akhir April 2018, pihak Toyota telah berhasil memperbaiki inflator airbag sebanyak 14.918 unit.

Baca Juga: Toyota Berikan Promo Jelang Mudik Lebaran 2018

Pemeriksaan dan penggantian komponen yang telah menjadi program Toyota tidak akan dipungut biaya, sebab hal itu merupakan komitmen dari Toyota untuk memberikan Beyond Service sebagai wujud tanggung jawab dalam menjamin keselamatan para pelanggannya. Karena itu, TAM berharap semua dukungan dan kerjasama para pelanggan setianya agar program yang telah direncanakan tersebut berjalan dengan baik.

Adapun batas waktu penggantian komponen ini hanya membutuhkan tempo kurang lebih selama 3 jam. Untuk itu segera hubungi Toyota Customer Care di nomor 1-500-315 atau mengakses situs resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc lalu masukkan nomor rangka mobil yang Anda miliki.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...

Mau Beli Livina Bekas? Berikut Ini Panduan Lengkapnya

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina bekas menjadi salah satu kendaraan...