Di Segmen MPV, Honda Akui Kalah Bersaing Dengan Rival

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
segmen mpv
Sumber: OtoDriver

Otomart, Jakarta – Pabrikan asal Jepang, Honda dengan berbagai produk barunya, secara umum cukup mendobrak pasar otomotif di Indonesia dengan menguasai berbagai segmen mobil. Meskipun begitu, ada satu ganjalan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pabrikan ini, yaitu di segmen MPV.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan bahwa saat ini, Honda masih menjadi market leader untuk mobil kelas sedan dan SUV keluarga. Selain itu, dirinya mengklaim bahwa Honda sampai saat ini masih cukup kuat di beberapa segmen, seperti LCGC dan hatchback.

Baca Juga: Mobil Honda Civic Type R Laku, Honda Akhirnya Tersenyum

“Hanya pada segmen MPV kita masih bersaing, karena hanya punya Mobilio dan Odyssey. Kita tahu, semua merek menyasar ke sana dan itu tugas kami untuk dapat menarik konsumen. Akan tetapi, kami tidak terburu-buru harus menjadi market leader,” ujar Jonfis, belum lama ini di Tangerang.

Target utama HPM di kelas MPV, lanjutnya tidak hanya memperkenalkan produk kepada konsumen, namun juga harus membuat pembeli merasa puas. Selain itu, meyakinkan para konsumen bahwa running cost dalam memelihara Honda tidaklah mahal juga menjadi kunci untuk dapat menarik konsumen.

Saat ini, Honda dapat menaikkan market share menjadi sekitar 20 persen karena peran pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Mulai dari kualitas mobil, keiritan bahan bakar hingga biaya servis yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: HPM Siapkan 50 Unit Honda Civic Type R Tahun Ini

“LMPV pada umumnya merupakan first corner, pertama kali datang satu keluarga akan mencari mobil 7-seater. Konsumen ini yang mencari LMPV, dan kami belum mempunyai data base-nya, karena dulu kami dari atas (Odyssey),” ujar Jonfis.

Oleh karena itu, HPM akan terus berusaha menggaet konsumen baru dan mematangkan target konsumen. Sebab kelak, “line up hierarki” akan menjadi modal utama Honda setelah puas bermain di segmen LMPV. Di atas LMPV pun Honda telah siap dengan produk BR-V, HR-V serta berbagai macam produk lainnya.

Statistik penjualan Honda  selama pameran otomotif nasional, GIIAS 2017 berlangsung boleh dibilang cukup baik, sebab selama pameran berlangsung, Honda telah berhasil menjual 5.545 unit produknya. Honda Civic Type R yang merupakan produk terbaru buatan Honda, telah berhasil terjual sebanyak 25 unit.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Honda Tidak Akan Datangkan Jazz Terbaru 2020 Ke Indonesia

OTOmart – Honda Jazz terbaru 2020 yang telah diluncurkan pada awal bulan Februari lalu...

Mobil Kebanjiran, Lakukan Hal Ini Agar Kerusakan Tidak Menjalar

OTOmart – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang...

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...