Perbandingan Antara Rush Terbaru vs Innova G, Mana yang Lebih Baik?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

rush

OTOmart – Seperti yang diketahui bahwa All New Toyota Rush dibanderol oleh Toyota dengan rentang harga mulai dari Rp 239,9 juta hingga Rp 261,3 juta. Harga ini tentunya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Rush terdahulu, sebab banyaknya fitur yang dihadirkan. Namun, jika Anda kurang tertarik dan ingin mencari mobil dengan kelas yang lebih tinggi tapi rentang harganya sama, maka sangat disarankan untuk membeli All New Kijang Innova bekas produksi keluaran tahun 2016.

Toyota Kijang Innova merupakan mobil yang jelas satu tingkat lebih tinggi dibandingkan Rush. Hal ini dikarenakan Innova masih menggunakan platform IMV yang merupakan basis dasar dari pengembangan model produk Toyota lainnya, seperti Fortuner dan Hilux. Tentunya Anda akan terbayang betapa tangguhnya sasis ladder dan suspense dari mobil ini.

Produk Toyota Rush ternyata juga masih menggunakan platform unibodu/ semi monokok yang merupakan hasil pengembangan dari Avanza dan Xenia sejak generasi pertama, tentunya mobil ini telah melewati berbagai pengembangan agar kenyamanan berkendaranya semakin meningkat. Kedua mobil ini sama-sama menggunakan penggerak roda belakang (RWD) yang merupakan sistem penggerak ‘Zaman Now’. Kedia mobil ini sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaruan, terutama dari sisi konstruksinya sejak kedua mobil ini diluncurkan. Hal ini tentunya membuat durabilitas keduanya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Baca Juga: Mengenal Secara Detail Fitur Keselamatan Rush 2018

Performa Berkendara

rush

Kedua mobil ini sudah tertanam dengan kuat di benak para konsumen Indonesia sebagai mobil yang tangguh dan nyaman, meskipun konsumsi bahan bakarnya yang terbilang boros. Untuk ukuran suspensinya, kedua mobil ini terkenal dengan suspensinya yang kuat serta ground clearancenya yang cukup tinggi. Untuk mesinnya, kedua mobil ini masih menggunakan mesin 1TR-FE dengan 4-silinder berkapasitas 2,0 liter yang telah dilengkapi dengan teknologi mesin dual VVTi. Walaupun begitu, harus diakui bahwa daya tahan kedua mobil ini masih sangat lemah terutama dalam hal akselerasi serta sangat boros bahan bakar.

Meskipun begitu, kedua mobil ini masih terbilang cukup baik dibandingkan Kijang Innova generasi pertama. Selain itu, performanya juga sedikit unggul, terutama pada versi transmisi otomatisnya yang telah didukung dengan penggunaan girboks terbaru dengan 6-percepatan sequential yang dilengkapi dengan dua model berkendara, yaitu Eco dan Power, meskipun masih tergolong matik konvensional.

Untuk performa Innova tentunya masih lebih baik jika dibandingkan dengan Rush meskipun hanya berbeda tipis. All New Toyota Rush disematkan dengan mesin baru berkode 2NR-VE-4-silinder berkapasitas 1,5 liter dengan Dual-VVTi dan pernah digunakan oleh Avanza Veloz sebelumnya. Berdasarkan data output yang dikeluarkan, spesifikasi mesin mobil Rush jelas lebih kecil dari Innova, namun, karena telah dilengkapi dengan teknologi Dual-VVTi seharusnya mobil ini lebih irit bahan bakar. Untuk akselerasinya, Rush terbaru telah didukung dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan matik dengan 4-percepatan.

Fitur Rush vs Innova

rush

Jika berbicara mengenai fitur, maka fitur yang terdapat pada Kijang Innova tentunya sangat jauh berbeda dengan Rush terbaru. Apalagi pada varian terbawahnya yang masih menggunakan fitur standar, dimana telah menggunakan dual SRS airbag di bagian depan, ditambah airbag di bagian lutut untuk pengemudinya. Fitur pengereman Kijang Innova ini juga telah dilengkapi dengan ABS dan EBD. Namun, yang patut disayangkan dari Innova G adalah tidak adanya fitur keamanan immobilizer, jadi akan sangat rentan menjadi korban pencurian.

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi Kijang Innova Tipe Q Sebelum Membelinya

Sedangkan Rush sangat lengkap dengan semua fiturnya, dimana semua tipenya telah dilengkapi dengan 6 airbag sehingga mampu melindungi para penumpangnya di bagian belakang. Selain itu, Rush juga telah dilengkapi dengan ABS, HSA dan VSC. Akan tetapi kedua fitur ini hanya terdapat pada Innova Venturer diesel saja sebagai varian tertingginya.

Untuk gimmick serta fitur kenyamanan yang dimiliki oleh Rush terbaru ini tentu sangat jauh ketimbang dengan Innova. Dimana lampu depan dan belakang telah menggunakan lampu berjenis LED. Untuk bagian dalam kabin dan menyalakan mesinnya saja hanya perlu mengantongi kunci saja. Sarana hiburan mobil ini juga telah dibuat komplet, antara lain yaitu monitor layar sentuh berukuran 7-inci yang telah dilengkapi dengan berbagai macam koneksi.

Namun, yang paling keren dari Rush terbaru ini dibandingkan dengan Innova G adalah AC yang telah otomatis dan disertai dengan tampilan digital. Hanya saja Rush terbaru ini tidak dilengkapi dengan setir model telescopic untuk mendapatkan posisi pengemudi yang baik.

Melihat spesifikasi kedua mobil ini tentu akan membuat bingung Anda, sebab jika melihat kelasnya, Innova jauh lebih unggul terutama dari sisi kualitas berkendaranya. Namun, Rush terbaru menonjolkan fitur yang berlimpah sehingga membuat nilai jualnya sangat bagus. Karena itu, sebaiknya Anda memilih mobil yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mau Beli Mobil LCGC? Ini Daftar Harga Mobil LCGC Terbaru

OTOmart – Salah satu segmen mobil yang termasuk ke dalam program pemerintah atau yang...

Ngantuk? Sebaiknya Bawa Camilan Sehat Ini Di Mobil Anda

OTOmart – Banyak orang yang mengatakan bahwa makan berlebihan dapat membuat Anda menjadi gampang...

7 Barang Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil Anda

OTOmart – Bagi Anda yang kesehariannya selalu menggunakan mobil, seperti kuliah, bekerja, pergi ke...

Ini Manfaat Baby Oil Bagi Perawatan Mobil Anda

Otomart, Jakarta – Ternyata untuk merawat kendaraan tidak memerlukan bahan kimia yang sangat mahal....

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Brio

OTOmart – Honda Brio merupakan salah satu kendaraan unggulan Honda di segmen LCGC. Selain...

Spesifikasi dan Harga Agya September 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Toyota Agya Motor akhirnya kembali merilis...