Rifat dan Pajero Sport Juara Umum Kejurnas Speed Offroad Putaran 4

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Banten – Pembalap Rifat Sungkar berhasil meraih juara kedua di kelas G6.4 dan juara ketiga di kelas Free For All (FFA) pada ajang Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 putaran empat yang berlangsung di Sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya, Serang, Banten, 29-30 Agustus 2015. Selain itu Rifat Sungkar dengan navigator M. Redwan juga berhasil memboyong juara pertama untuk kategori kejuaraan umum dengan catatan waktu 6 menit 45,498 detik.

Rifat yang sempat mengalami masalah pada pressure fuel pump pada SS1, sehingga mobilnya melaju tersendat, langsung ditangani tim mekanik dan berhasil menyelesaikan SS2 tanpa kendala dan berhasil menyodok ke posisi kelima grup FFA dan posisi kedua di kelas G6.4 dengan catatan waktu 3 menit 26,323 detik terpaut 12,021 detik dengan H. Samsuddin yang berada di posisi pertama.

Di hari kedua, Minggu 30 Agustus 2015, di SS3, saat menjalani putaran pertama setelah jumping tinggi, Pajero sempat kehilangan tenaga akibat knalpot putus yang menghilangkan torsi dan top speed. Namun Rifat dengan Mitsubishi Pajero-nya tetap mencatatkan waktu dengan baik 3 menit 19,553 detik. Atas raihan tersebut Rifat memantapkan posisinya di urutan keempat grup FFA. Sekali lagi, tim mekanik bergerak cepat menanggulangi masalah knalpot tersebut sebelum memasuki SS4.

Kegigihan dan optimisme Rifat terus berlanjut di SS4. Selisih waktu antara posisi keempat dan ketiga group FFA adalah sekitar 2.5 detik. Walaupun suhu udara di sirkuit Tembong Jaya cuaca cukup panas ditambah lintasan yang berdebu, Rifat berhasil memangkas selisih waktu sehingga setelah 4SS, berhasil menduduki posisi ketiga group FFA. Catatan waktu total Rifat adalah 13 menit 43,058 detik. Sementara posisi pertama diraih oleh H.Samsudin dan kedua oleh Douglas.

Setelah para offroader menyelesaikan 4SS, maka 20 offroader tercepat berhak mengikuti babak kejuaraan umum atau yang biasa dikenal dengan nama Champ Of The Champ. Di babak ini, tantangan bagi Rifat semakin bertambah karena harus berhadapan dengan mobil lain yang lebih canggih dan mumpuni. Namun berkat kemampuan dan pengalamannya, serta dukungan tim mekanik yang cepat dan sigap mempersiapkan dan mensetting kendaraan dengan baik, maka hasil Juara Umum bisa diperolehnya.

Duel sengit dengan pembalap muda Doni Syahputra selama dua SS  di babak Champ Of The Champ berlangsung sangat menarik dan menegangkan. Di SS5, Rifat unggul tipis, selisih hanya sekitar 1 detik, Di SS terakhir, sempat tertinggal di awal-awal, tetapi akhirnya Rifat bisa unggul 3,762 detik. Pertarungan ini pun dituntaskan oleh Rifat dengan catatan waktu  6 menit 45,498 detik dan sekaligus meraih juara pertama kejuaraan umum.

“Sangat memuaskan sekali, karena  perjuangan kita tidak sia-sia, dari bawah merangkak ke atas, tidak menyerah dengan keadaan, dan akhirnya kita mampu untuk meraih juara pertama,” tutup Rifat.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Inilah Teknologi Dynamic Force Pada Mobil Toyota Terbaru

Otomart, Jakarta – Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi pada kendaraan saat ini menjadi tuntutan produsen mobil. Namun tidak berhenti sampai disitu, kinerja (performa) mesin juga harus tetap mumpuni. Melihat kondisi tersebut, Toyota saat ini sedang merombak teknologi mesinnya … Lihat Selengkapnya

Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Otomart, Jakarta – Sehebat apapun Anda dalam menerapkan Teknik menyetir eco driving, tetap saja tujuan untuk dapat mengirit penggunaan bahan bakar tidak akan maksimal jika Anda tidak melakukan beberapa persiapan. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui serta menjadi dasar … Lihat Selengkapnya

Ternyata Inilah Penyebab Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Otomart, Jakarta – Sistem pendingin pada kendaraan sangatlah penting peranannya, sehingga sangat perlu untuk menjaga kestabilan suhu kerja mesin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil bermasalah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat mesin semakin panas sehingga akan menyebabkan komponen pada mesin … Lihat Selengkapnya