Pemerintah Siapkan Regulasi Standar BBM Euro IV Tahun Ini

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

standar

OTOmart – Pemerintah kabarnya akan menerapkan BBM dengan standar kualitas EURO IV pada September 2018 mendatang. Bahkan kualitas BBM EURO IV yang akan dibuat nantinya akan setara dengan BBM beroktan 91 ke atas. Lalu bagaimana dengan Pertalite yang beroktan 90?

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia saat ini baru saja menerapkan standar BBM Euro 2 pada tahun 2003 lalu. Penerapan jenis BBM ini cenderung terlambat dari negara lainnya yang telah menerapkan jenis BBM ini sejak 1997. Sedikit perbandingan, berbagai negara maju telah mulai menerapkan standar Euro 4 sejak tahun 2005, sedangkan Indonesia kabarnya baru memulai penerapan standar tersebut akhir tahun ini secara bertahap.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Pertamina Tolak Tidak Lakukan Sosialisasi

Sebelum benar-benar masuk ke standar yang lebih tinggi, yaitu Euro 4. Saat ini pun, penerapan standar Euro 2 belum maksimal, sebab masih saja ada konsumen yang mengkonsumsi bahan bakar gasoline dengan kandungan oktan, yaitu Premium.

KLHK pada bulan Maret tahun 2017 lalu sebenarnya telah menerbitkan regulasi mengenai baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor ke tipe terbaru. Regulasi tersebut tertuang di dalam Peraturan menteri KLHK No.P.20/MENLHK/Setjen/KUM.1/3/2017 mengenai Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Melalui peraturan tersebut, maka penggunaan BBM bertipe Euro 4 seharusnya mulai diterapkan pada tahun 2018 secara bertahap hingga tahun 2021. PT Pertamina (Persero) pun telah siap untuk melakukan pendistribusian BBM dengan kualitas EURO IV mulai akhir 2018 mendatang.

Muchamad Iskandar, Direktur Pemasaran Pertamina mengatakan bahwa jumlah produksi Premium sedikit demi sedikit akan turun sesuai dengan roadmap kilang perseroan yang telah ditetapkan. Di akhir tahun ini, proyek Cilacap Langit Biru nantinya diharapkan segera rampung sehingga nantinya produksi BBM Ron 88 dapat dengan segera dikurangi.

Baca Juga: PT Pertamina Siap Produksi BBM Berstandar Euro 4

“Akan tetapi, tidak semua kluster akan langsung berkurang produksi BBM Ron 88 tersebut. Hanya beberapa kilang saja yang nantinya akan memproduksi Ron 88, seperti Balikpapan, Dumai, Cilacap dan sebagian lainnya,” ucap Iskandar, seperti dilansir laman Tempo.co.

Pertamina menargetkan seluruh kilang perseroannya dapat langsung memproduksi BBM berkualitas EURO IV secara penuh pada tahun 2023 mendatang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...