Pemerintah Siapkan Regulasi Standar BBM Euro IV Tahun Ini

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

standar

OTOmart – Pemerintah kabarnya akan menerapkan BBM dengan standar kualitas EURO IV pada September 2018 mendatang. Bahkan kualitas BBM EURO IV yang akan dibuat nantinya akan setara dengan BBM beroktan 91 ke atas. Lalu bagaimana dengan Pertalite yang beroktan 90?

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia saat ini baru saja menerapkan standar BBM Euro 2 pada tahun 2003 lalu. Penerapan jenis BBM ini cenderung terlambat dari negara lainnya yang telah menerapkan jenis BBM ini sejak 1997. Sedikit perbandingan, berbagai negara maju telah mulai menerapkan standar Euro 4 sejak tahun 2005, sedangkan Indonesia kabarnya baru memulai penerapan standar tersebut akhir tahun ini secara bertahap.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Pertamina Tolak Tidak Lakukan Sosialisasi

Sebelum benar-benar masuk ke standar yang lebih tinggi, yaitu Euro 4. Saat ini pun, penerapan standar Euro 2 belum maksimal, sebab masih saja ada konsumen yang mengkonsumsi bahan bakar gasoline dengan kandungan oktan, yaitu Premium.

KLHK pada bulan Maret tahun 2017 lalu sebenarnya telah menerbitkan regulasi mengenai baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor ke tipe terbaru. Regulasi tersebut tertuang di dalam Peraturan menteri KLHK No.P.20/MENLHK/Setjen/KUM.1/3/2017 mengenai Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Melalui peraturan tersebut, maka penggunaan BBM bertipe Euro 4 seharusnya mulai diterapkan pada tahun 2018 secara bertahap hingga tahun 2021. PT Pertamina (Persero) pun telah siap untuk melakukan pendistribusian BBM dengan kualitas EURO IV mulai akhir 2018 mendatang.

Muchamad Iskandar, Direktur Pemasaran Pertamina mengatakan bahwa jumlah produksi Premium sedikit demi sedikit akan turun sesuai dengan roadmap kilang perseroan yang telah ditetapkan. Di akhir tahun ini, proyek Cilacap Langit Biru nantinya diharapkan segera rampung sehingga nantinya produksi BBM Ron 88 dapat dengan segera dikurangi.

Baca Juga: PT Pertamina Siap Produksi BBM Berstandar Euro 4

“Akan tetapi, tidak semua kluster akan langsung berkurang produksi BBM Ron 88 tersebut. Hanya beberapa kilang saja yang nantinya akan memproduksi Ron 88, seperti Balikpapan, Dumai, Cilacap dan sebagian lainnya,” ucap Iskandar, seperti dilansir laman Tempo.co.

Pertamina menargetkan seluruh kilang perseroannya dapat langsung memproduksi BBM berkualitas EURO IV secara penuh pada tahun 2023 mendatang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Penyelenggara IIMS 2019 Sediakan Free Shuttle Bus Menuju Pameran

OTOmart – Hari ini, Kamis (25/4), pameran otomotif terbesar di Indonesia, Telkomsel Indonesia International...

Cortez CT dan Confero S ACT Siap Tampil di Ajang IIMS 2019

OTOmart – Wuling Motors sepertinya bakal memberikan kejutan pada ajang IIMS 2019. Jika sebelumnya...

Mitsubishi Siapkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

OTOmart – Menyambut gelaran IIMS 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)...

Sambut Hari Bumi, Toyota Siap Luncurkan C-HR Hybrid Hari Ini

OTOmart – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sebentar...

Lexus Luncurkan LM 300h, MPV Alphard Versi Mewah

OTOmart – Setelah memberikan sedikit bocoran untuk MPV mewahnya, Lexus akhirnya resmi memperkenalkan LM...

Khusus Indonesia, “Panoramic Roof” Hilang di Nissan Serena Terbaru

OTOmart – Nissan telah memperkenalkan MPV All New Nissan Serena 2019 pada Februari lalu...