Oktober Mendatang, Registrasi Kendaraan Wajib Cantumkan Nomor HP

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kendaraan
Oktober mendatang, registrasi kendaraan wajib cantumkan nomor hp (Money Smart)

OTOmart – Mulai bulan Oktober 2018 nanti, masyarakat yang akan membeli kendaraan baru wajib untuk mencantumkan nomor telepon serta email pemilik kendaraan. Data tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak kepolisian untuk program tilang elektronik yang akan dilakukan pada bulan yang sama.

Baca Juga: Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Jakarta Oktober Mendatang

Langkah yang dilakukan oleh pihak kepolisian tersebut rupanya disambut baik oleh para agen pemegang merek (APM). Para produsen otomotif tersebut menilai jika semua kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tentu akan selalu didukung demi kedisiplinan lalu lintas.

“Tentu kebijakan tersebut dapat menciptakan kenyamanan berlalu lintas baik untuk pengemudi maupun untuk para pengguna lain,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), seperti dilansir laman Kompas.com, Senin (17/9) lalu.

Soerjo menuturkan, data yang akan diminta polisi tersebut pada dasarnya digunakan sebagai identifikasi serta komunikasi antar sistem dari pihak kepolisian dengan para pemilik kendaraan.

“Namun yang terpenting adalah sistem yang akan digunakan ini diharapkan benar-benar telah siap sebelum diujicoba sehingga semua sistem dapat berfungsi dengan baik dan benar,” terang Soerjo lagi.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra mengatakan, jika melihat dari tujuan utama mengapa akhirnya pihak kepolisian mengaplikasikan teknologi maju, tentunya akan mempunyai dampak positif pada masyarakat terutama dalam budaya tertib berlalu lintas di Indonesia.

“Tentu dengan penerapan ini akan meningkatkan keselamatan, keamanan serta ketertiban di jalan raya. Karena itu, kami selalu mendukung semua langkah pemerintah untuk dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Sebelumnya, kami juga telah mempunyai program Gerakan Suzuki Peduli Keselamatan,” ucap Donny.

Baca Juga: Ditlantas Polri Tegaskan Usia Minimal Pembuat SIM 16 Tahun

Seperti diketahui bahwa bulan Oktober mendatang Polda Metro Jaya akan melakukan uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di beberapa jalan protokol yang ada di Jakarta. Namun ujicoba tilang elektronik ini hanya dilakukan di wilayah Jakarta saja. Jika ujicoba yang dilakukan di Jakarta terbukti efektif mengurangi kemacetan serta menerapkan disiplin berlalu lintas kepada para masyarakat, maka bukan tidak mungkin kebijakan ini akan diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Segini Diskon Khusus Bagi Para PNS dan Guru Dari Daihatsu

OTOmart – Jelang berakhirnya tahun 2018, sejumlah diler otomotif tanah air beramai-ramai menawarkan berbagai...

Spekulasi Produk Terbaru Avanza Berkembang, Ini Tanggapan Toyota

OTOmart – Rencana kehadiran produk terbaru Avanza dan Xenia sepertinya membuat kehebohan di kalangan...

Tidak Terpengaruh Isu Ghosn, Peluncuran MPV Terbaru Nissan Dikebut

OTOmart – Belum lama ini dunia otomotif dunia dihebohkan dengan beredarnya kabar penangkapan salah...

Hanya Modifikasi Kaki-Kaki dan Body Kit, Avanza G Ini Tampil Elegan

OTOmart – Dunia modifikasi selalu menampilkan kejutan. Salah satunya datang dari Kota Samarinda, Kalimantan...

Avanza Terbaru Siap Meluncur, Mitsubishi Siapkan Strategi Khusus

OTOmart – Pertama kali hadir dengan konsep yang berbeda dengan mobil keluarga pada umumnya,...

Sigra dan Brio Tumbuh, Penjualan LCGC Lainnya Justru Alami Penurunan

OTOmart – Salah satu segmen mobil yang dalam dua tahun terakhir sempat mencuri perhatian...