Recall 71Ribu Kia Sportage di Amerika

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Baru-baru ini pihak Kia Motors Amerika mengumumkan perihal recall terhadap mobil Kia Sportage. Totalnya sebanyak 71.704 siap direcall. Hal ini lantaran adanya potensi gangguan pada electronic control unit (ECU), yang mengakibatkan korsleting dan menyebabkan kebakaran.

Dilansir dari laman Otomotif Kompas, adapun model crossover Kia yang direcall adalah model tahun 2008 dan 2009, yang diproduksi antara 9 Agustus 2007 hingga 13 Mei 2009. Dalam dokumen yang diajukan kepada pihak lembaga keselamatan berkendara Amerika (National Hightway Traffic Safety Administration/NHTSA) dikatakan, jika braking control unit mobil tidak tertutup dengan benar.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan air yang bercampur dengan garam jalanan (dari salju yang mencair) masuk dan bisa menimbulkan korosi pada jaringan kabel, berpotensi menyebabkan korsleting dan menimbulkan api.

“Kami menganjurkan kepada pelanggan, untuk memarkirkan mobil mereka di luar ruangan, dan jauh dari kendaraan atau struktur bangunan lainnya, hingga perbaikan massal telah dilakukan,” ujar James Hope, juru bicara Kia.

Kia akan mulai memberitahukan pemilik Sportage pada 28 November 2016. Diler Kia akan menggantikan control unit, jika ditemukan ada korosi. Namun jika tidak, diler hanya akan menggantikan penutup control unit saja. Masih belum diketahui apakah kendaraan di luar Amerika juga terkena recall.

Bagian yang rusak diproduksi oleh pemasok Korea Selatan Mando Corp, menurut sebuah dokumen NHTSA. Mando berada di peringkat 45 dari 100 pemasok komponen global terbaik, dengan penjualan di seluruh dunia mencapai 5,6 miliar dolar pada 2015 atau Rp 75,8 triliun.

Bagaimana dengan Kia Indonesia? Apakah Kena Recall?

Terkait dengan yang dipasarkan di Indonesia, General Manager Group KMI, Ridjal Mulyadi mengkonfirmasi, kalau unit yang ada di sini tidak terkena recall.

“Untuk program recall tersebut tidak dilakukan di Indonesia. Karena kerusakan tersebut tidak termasuk unit yang diedarkan di dalam negeri,” ujar Ridjal, Kamis (24/11/2016).

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya