Yaris vs Jazz Bersaing Jadi Raja Hatchback di Indonesia

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
yaris
Sumber: OtomotifMagz

OTOmart – Popularitas Honda Jazz di kelas hatchback sepertinya akan segera berakhir. Apalagi sejak Toyota meluncurkan produk terbaru mereka di kelas yang sama pada Februari 2018 lalu, yaitu Toyota Yaris. Hal ini terlihat dari data penjualan wholesales (pabrik ke diler) Gaikindo, dimana dari data tersebut terlihat penjualan Jazz setiap bulannya semakin berkurang, dibandingkan dengan Yaris yang setiap bulannya semakin menunjukkan eksistensinya.

Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) memperlihatkan bahwa selama bulan Februari 2018 ketika TAM mulai mendistribusikan mobil hatchback terbarunya ini dari pabrik ke diler telah mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.109 unit, dibandingkan dengan Jazz yang hanya berhasil menjual kendaraannya sebanyak 847 unit. Kemudian berlanjut di bulan berikutnya, dimana Yaris lagi-lagi unggul dari Jazz dengan total penjualan sebanyak 1.287 unit, dibandingkan dengan Jazz yang hanya berhasil terjual sebanyak 734 unit.

Baca Juga: Ini Perbedaan Antara Toyota Yaris Terbaru vs Yaris Lama

Bahkan sepanjang bulan April, hatchback buatan Toyota tersebut juga berhasil unggul dari Jazz dengan total penjualan sebanyak 1.484 unit atau lebih banyak 84 unit dibandingkan Jazz. Namun, Honda tampaknya masih dapat tersenyum, sebab jika ditotal, maka seluruh penjualan Honda Jazz mulai dari Januari hingga April 2018 berhasil unggul dengan raihan angka 4.176 unit, dibandingkan Yaris yang hanya berhasil meraih angka 3.901 unit.

Hal ini menurut pihak Toyota Astra Motor (TAM) merupakan hal yang lumrah, sebab catatan angka 21 pada penjualan di bulan Januari kemarin masih diisi dengan Yaris model lama, dimana ketika itu, Yaris terbaru belum dirilis secara resmi. Sedangkan Honda Jazz saat itu berhasil unggul karena pasokan unitnya di bulan Januari kemarin telah mencapai angka 1.195 unit.

Itulah mengapa Jazz hingga saat ini masih menguasai pasar hatchback dengan persentase penjualan hingga 34 persen. Selain itu, penjualan Honda juga terdorong dengan produk mereka lainnya, yaitu Honda Civic turbo versi hatchback sehingga pangsa pasarnya meningkat menjadi 9 persen, sebab selama periode tersebut, Civic berhasil terjual sebanyak 1.095 unit.

“Untuk performa penjualan kami di empat bulan pertama cukup stabil, sebab didukung dengan kontribusi dari beberapa produk unggulan seperti Honda Jazz dan produk yang lain. Selanjutnya kami akan berusaha mempertahankan tren yang positif ini dan terus memonitor perkembangan dari kondisi pasar,” ucap Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), seperti dilansir laman Viva News.

Baca Juga: Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jangan Sepelekan Krikil Pada Ban Mobil, Bisa Bahaya!

OTOmart – Meski terbuat dari karet dan berbentuk bundar. Akan tetapi, ban mempunyai peranan...

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Rush Bekas April 2018 OTR Jakarta

OTOmart – Toyota Rush adalah sebuah mini SUV yang berbagi desain dengan Daihatsu Terios....

3 Mobil Suzuki dengan Penjualan Tertinggi Selama GIIAS 2018

OTOmart – Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Tanpa Produk Baru, PT Toyota Astra Motor Dapatkan Banyak SPK

OTOmart – Sepanjang gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 berlangsung di...

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...