Prediksi Puncak Arus Mudik 2017 Terjadi Pada H-2 Lebaran!

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Pemerintah bersama jajaran kepolisian beserta Pertamina nampak sudah mempersiapkan sarana dan prasana sebaik mungkin untuk menjamu para pemudik. Pemerintanpun telah memiliki prediksi tersendiri terkait puncak arus mudik 2017, yang diperkirakan terjadi pada h-2 lebaran atau pada tanggal 23 dan 24 Juni (Jumat- Sabtu).

Dilansir dari Kompasotomotif, VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, menegaskan bahwa puncak arus mudik saat ini secara hari dan skemanya kurang lebih sama dengan musim mudik pada 2012 lalu.

Baca juga: Promo Lebaran: Toyota Berikan Diskon Paket Mudik Servis Berkala Hingga 10 Juni!

prediksi-puncak-arus-mudik-2017-terjadi-pada-h-2-lebaran

“Kalau melihat dari harinya sama seperti pada 2012 lalu, dimana Lebaran jatuh pada Minggu dan Senin. Perhitunggan ini sama dengan prediksi dari pihak perhubungan dan kepolisian, yakni pada H-2 atau antara Jumat dan Sabtu,” ujar Adiatma saat sesi diskusi di Universitas Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, Rabu (31/5/2017).

Sedangkan untuk arus balik, Adiatma menjelaskan tidak akan berlangsung serentak. Hal ini dikarenakan masalah waktu liburan anak sekolah yang relatif panjang.

“Untuk arus ada potensi untuk terurai karena masa liburan anak sekolah cukup panjang. Prediksi kami arus balik akan terjadi pada H+5 dan H+6, yaitu pada Sabtu dan Minggu (1-2/7/2017),” kata Adiatma.

Baca juga: Promo Nissan 2017: Servis Dari Sekarang, Mudik Lebih Nyaman

Dilain sisi, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto, menginformasikan bahwa pada musim mudik tahun ini akan terjadi peningkatan pengguna sepeda motor. Meyikapi hal tersebut, Pandu menyarankan pemudik motor memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang digagas oleh pemerintah dan BUMN.

“Tahun kemarin (2016) 3,4 juta sepeda motor dari Jabodetabek, tahun ini prediksinya 4,6 juta, jadi ada kenaikan secara jumlahnya. Untuk solusi seperti yang kemarin sudah diinfokan, kita memberikan beberapa kemudahan dengan mudik gratis untuk sepeda motor. Ada beberapa alternatif, mulai dari darat, kereta, dan saat ini kita kuatkan jalur laut,” kata Pandu di waktu yang sama.

Menurut Pandu, dengan memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis, para pemudik bisa lebih aman dan nyaman. Mereka juga bisa tetap menggunakan motornya setelah sampai di tujuan untuk melanjutkan ke kampung halaman.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Otomart – Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta...

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar...

Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi...

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....