Bersiaplah! Ponsel Pintar Akan Gusur Keberadaan Kunci Mobil

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kunci mobil
Ponsel pintar sebentar lagi akan gusur penggunaan kunci mobil (Carmudi)

OTOmart – Dengan kemajuan teknologi saat ini, membuat beberapa produsen ponsel pintar seperti Samsung, Apple dan LG direncanakan akan membuat inovasi terbaru terutama di industry otomotif, yaitu dengan membuat agar ponsel dapat menggantikan peran dari kunci mobil.

Selain menggantikan peran dari kunci mobil, ponsel ini juga nantinya dapat digunakan untuk menyalakan mesin serta membagikan akses kunci mobil Anda  kepada beberapa perangkat pintar lain yang Anda miliki.

Baca Juga: Ini Kelemahan Kunci Mobil Canggih Immobilizer Pada Mobil Anda

Hal ini diumumkan oleh konsorsium teknologi, dimana ketiga perusahaan tersebut menjadi anggotanya, yaitu konsorsium Car Connectivity Consortium (CCC). Konsorsium ini akan merilis spesifikasi dari kunci digital bersi 1.0 pada tahun 2019 mendatang.

Teknologi kunci digital ini diklaim oleh CCC sangat aman, sebab mereka akan memastikan tingkat keamanan pada teknologi Near Field Communication (NFC) digunakan pada ponsel tersebut berada pada tingkat keamanan tertinggi.

Untuk elemen pengamanan ini akan menggunakan cip fisik yang biasanya digunakan sebagai alat pembayaran digital berbasis gelombang NFC. Selain itu, konsorsium tersebut juga sedang mengembangkan kunci digital versi 2.0 yang dapat digunakan dengan cara lebih sederhana dan lebih murah.

Seperti yang diketahui teknologi NFC seringkali digunakan sebagai alat pembayaran tanpa menyentuhkan dua perangkat yang berbeda, namun cukup untuk melayangkan perangkat hanya beberapa sentimeter saja dari alat pembaca NFC tersebut.

Kunci digital yang nantinya akan digunakan tersebut mulai akan tersedia di beberapa mobil, seperti BMW, Honda dan Toyota, dimana mobil-mobil tersebut juga telah tergabung dalam konsorsium CCC tersebut. Sedangkan produsen mobil lain, seprti Volvo sebelumnya telah memperkenalkan layanan kunci digital pada mobil terbaru mereka, seperti dilansir laman Business Insider.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Smart Key Pada Mobil Toyota

Kunci digital yang telah digunakan oleh Volvo tersebut dapat diaktifkan melalui aplikasi khusus yang digunakan untuk membuka dan mengunci mobi serta menyalakan mesin. Namun, aplikasi tersebut ternyata belum dapat Anda gunakan untuk mengendarai mobil. Selain Volvo, ternyata salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia, Tesla juga telah menggunakan teknologi kunci digital ini pada produk mobil listrik mereka.

Untuk diketahui, konsorsium CCC terdiri dari 70 anggota lebih, dimana para anggota yang tergabung dalam konsorsium ini telah menguasai lebih dari 70 persen pangsa pasar otomotif dunia dan telah menguasai 60 persen lebih pangsa pasar smartphone di seluruh dunia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...

Mau Beli Livina Bekas? Berikut Ini Panduan Lengkapnya

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina bekas menjadi salah satu kendaraan...