Ini Plus Minus Beli Mobil Honda City 2003, Biar Nggak Kaget!

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
honda city 2003
Honda City 1.5

OTOmart – Jika Anda merupakan pecinta otomotif, terutama merek Honda. Maka tentu pernah mendengar mobil Honda City 2003 yang terkenal mempunyai mesin yang cukup bandel, yaitu I-DSI (Intelligent Dual and Sequential Ignition), karena mempunyai tenaga yang mirip seperti mesin diesel.

Honda City 2003 ini juga mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang terbilang ekonomis dan dipadukan dengan torsi maksimal yang berada di putaran bawah sehingga membuatnya mempunyai kesan tersendiri.

Baca Juga: Alasan Honda Lakukan Perubahan Minor Pada Honda Mobilio Terbaru

Namun yang unik adalah mobil ini mempunyai kelebihan serta kelemahan yang perlu diketahui, antara lain yaitu:

Dua Busi

Untuk membandingkan dua mesin dengan bahan bakar yang berbeda memang tidak pantas. Namun, bagi Honda City 2003, hal ini dapat menjadi salah satu pengecualian.

Ketika menjajal versi otomatisnya, konsumsi bahan bakarnya terbilang sangat irit, bahkan bisa mencapai 1:21.

Tidak hanya itu saja, torsinya pun bisa mencapai 13,1 kgm pada putaran mesin 2.700 rpm. Jika dibandingkan dengan mesin bensin yang baru mencapai torsi pada putaran mesin di 5.000 – 6.000 rpm.

Dengan torsi yang sangat besar tersebut, jelas hanya mobil bermesin diesel saja yang sanggup untuk menandinginya. Selain itu, teknologi mesin yang digunakan pada Honda City 2003 juga menggunakan SOHC 8 katup sehingga membuatnya tampak lebih sederhana dan menyimpan keunikan tersendiri.

Proses pembakaran yang didapat pada tiap silinder diladeni dengan 2 buah busi yang memercik secara sekuensial. Dimana percikan busi pertama akan dilanjutkan dengan busi kedua yang telah diatur oleh komputer sehingga membuat nyala busi menjadi lebih lama. Efeknya pun cukup drastis yang dapat langsung dirasakan dari laju mobil yang dikendarai.

honda city
Interior Honda City 1.5
Baca Juga: Honda Umumkan Harga Jual Mobilio Facelift 2019 Tidak Naik

Ketika injakan kaki kanan pada pedal gas dikurangi, mobil masih dapat meluncur mulus selama beberapa saat seakan-akan putaran mesinnya tidak berkurang sedikit pun.

Hal ini terjadi akibat sisa campuran antara bensin dan udara yang masih belum terbakar setelah percikan busi pertama lalu terbakar tuntas ketika percikan kedua. Pembakaran yang dilakukan terbilang sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih.

Walaupun teknologi mesin ini terbilang istimewa, namun teknologi ini sejatinya bukanlah sebuah penemuan yang baru, dimana Alfa Romeo jauh telah lebih dahulu menggunakannya dengan julukan Twin Spark.

Meski begitu, bukan berarti mesin ini sama sekali tidak mempunyai kelemahan. Jika dibandingkan dengan sedan berkapasitas 1.500 cc lainnya, seperti Baleno Next-G dan Toyota Vios, Honda City 2003 ini mempunyai mesin yang paling kecil, yaitu 87 dk.

Namun, mengenai hal ini tentunya terbilang relatif, sebab mobil sedan ini tidak digunakan untuk balapan.

Kelemahan yang tadi dibahas terbayarkan dengan performa sistem transmisi otomatsinya yang hampir tidak terasa ketika melakukan perpindahan gigi berkat teknologi CVT-nya.

Pengoperasiannya pun dapat dilakukan dengan mudah melalui tombol yang terdapat di setir hingga 7 tingkat percapatan dengan rasio yang terbilang cukup rapat, mirip dengan transmisi manual menggunakan close ratio.

Baca Juga: Honda Mobilio 2019 Dirilis, Ini Perbedaan Masing-Masing Variannya

Melihat model serta spesifikasi yang digunakan, Honda City 2003 ini lebih cocok untuk digunakan oleh kalangan muda yang energik serta ingin selalu tampil trendy. Selain itu, karakter mesinnya pun sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil harian dalam kota yang penuh dengan kemacetan.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...