Ini Tanggapan Toyota dan DFSK Usai Perpres Mobil Listrik Disahkan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perpres mobil listrik
Ilustrasi (Uzone)

OTOmart – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo telah resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) mobil listrik pada Senin, 5 Agustus 2019 lalu. Sontak hal ini mendapatkan banyak sorotan dari banyak pihak.

Melalui Perpres ini, pemerintah ingin mendorong para pelaku industri otomotif untuk membangun mobil listrik di Indonesia. Apalagi, bahan baku pembuatan baterai mobil listrik tersebut ada di Indonesia sehingga diharapkan dapat dengan cepat dirancang.

Baca Juga: Pengaruh Mobil Listrik di Dunia Otomotif Internasional

Menanggapi Perpres tersebut, beberapa Agen Pemegang Merek kendaraan roda empat di Tanah Air memberikan komentar yang cukup beragam. Di antaranya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) dan DFSK.

Dilansir laman Liputan 6.com, pabrikan asal Jepang ini mengaku jika mereka sangat mendukung berbagai langkah pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, termasuk mobil listrik.

“Menurut kami, semua Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di Tanah Air, khususnya Toyota, tentunya akan mendukung semua langkah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif Nasional,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM atau yang biasa disapa Soerjo.

Bukan hanya itu saja, Soerjo pun menegaskan jika pihaknya mempunyai komitmen yang sama dengan pemerintah untuk bekerja sama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Saat ini kita hanya mengenal beberapa jenis EV, seperti hybrid EV, plug-in hybrid EV, battery EV, serta fuel cell EV. Saat ini, pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan berjenis EV perlu diperkuat lagi agar masyarakat Indonesia telah siap untuk mengoperasikan mobil ramah lingkungan ini dengan aman dan nyaman,” ucap Soerjo lagi.

Selain Toyota Astra Motor, pabrikan otomotif asal Cina, DFSK juga menyambut Perpres mobil listrik ini dengan sikap yang positif. Meski begitu, pihaknya ingin mempelajari terlebih dahulu mengenai kebijakan apa saja yang nantinya akan ditetapkan oleh pemerintah mengenai kendaraan listrik.

Baca Juga: Tinggal Finalisasi, Berapa Harga Mobil Listrik di Indonesia?

“Kami tentu menyambutnya dengan positif. Namun hingga saat ini, kami belum mendapatkan sosialisasi secara resmi mengenai Perpres mobil listik tersebut dari Kementerian terkait. Jika nantinya kami telah mendapatkan surat tersebut, pastinya akan kami pelajari dan akan kami diskusikan kembali di internal kami,” ucap Avianne DB, PT & Digital Manager DFSK.

Meski begitu, Anne menegaskan jika produk dari pihaknya telah siap jual jika memang mobil listrik betul-betul diterapkan.

“Untuk produk sendiri, kami telah siap. Sebab, di Cina sendiri kami juga telah memasarkan produk tersebut. Namun untuk di Indonesia, kami harus mempelajari terlebih dahulu tentang regulasinya,” terang Avianne lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mazda CX 30 Resmi Meluncur, Segini Loh Harga Resminya!

OTOmart – Setelah melakukan debut di ajang Geneva Motor Show pada tahun lalu, Mazda...

Suzuki XL7 Sudah Bisa Dipesan, Estimasi Pengiriman Maret 2020

OTOmart – Semakin meningkatnya tren mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), membuat banyak pabrikan...

Ini Penyakit Pada Honda CRV Bekas Yang Sering Terjadi

OTOmart – Honda CRV bekas kini masih menjadi favorit pilihan masyarakat Indonesia, mengingat statusnya...

Daftar 10 Mobil Terlaris 2019 Berdasarkan Data Gaikindo

OTOmart – Sepanjang tahun 2019 lalu, total penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia berhasil...

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...