Ini Tanggapan Toyota dan DFSK Usai Perpres Mobil Listrik Disahkan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perpres mobil listrik
Ilustrasi (Uzone)

OTOmart – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo telah resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) mobil listrik pada Senin, 5 Agustus 2019 lalu. Sontak hal ini mendapatkan banyak sorotan dari banyak pihak.

Melalui Perpres ini, pemerintah ingin mendorong para pelaku industri otomotif untuk membangun mobil listrik di Indonesia. Apalagi, bahan baku pembuatan baterai mobil listrik tersebut ada di Indonesia sehingga diharapkan dapat dengan cepat dirancang.

Baca Juga: Pengaruh Mobil Listrik di Dunia Otomotif Internasional

Menanggapi Perpres tersebut, beberapa Agen Pemegang Merek kendaraan roda empat di Tanah Air memberikan komentar yang cukup beragam. Di antaranya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) dan DFSK.

Dilansir laman Liputan 6.com, pabrikan asal Jepang ini mengaku jika mereka sangat mendukung berbagai langkah pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, termasuk mobil listrik.

“Menurut kami, semua Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di Tanah Air, khususnya Toyota, tentunya akan mendukung semua langkah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif Nasional,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM atau yang biasa disapa Soerjo.

Bukan hanya itu saja, Soerjo pun menegaskan jika pihaknya mempunyai komitmen yang sama dengan pemerintah untuk bekerja sama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Saat ini kita hanya mengenal beberapa jenis EV, seperti hybrid EV, plug-in hybrid EV, battery EV, serta fuel cell EV. Saat ini, pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan berjenis EV perlu diperkuat lagi agar masyarakat Indonesia telah siap untuk mengoperasikan mobil ramah lingkungan ini dengan aman dan nyaman,” ucap Soerjo lagi.

Selain Toyota Astra Motor, pabrikan otomotif asal Cina, DFSK juga menyambut Perpres mobil listrik ini dengan sikap yang positif. Meski begitu, pihaknya ingin mempelajari terlebih dahulu mengenai kebijakan apa saja yang nantinya akan ditetapkan oleh pemerintah mengenai kendaraan listrik.

Baca Juga: Tinggal Finalisasi, Berapa Harga Mobil Listrik di Indonesia?

“Kami tentu menyambutnya dengan positif. Namun hingga saat ini, kami belum mendapatkan sosialisasi secara resmi mengenai Perpres mobil listik tersebut dari Kementerian terkait. Jika nantinya kami telah mendapatkan surat tersebut, pastinya akan kami pelajari dan akan kami diskusikan kembali di internal kami,” ucap Avianne DB, PT & Digital Manager DFSK.

Meski begitu, Anne menegaskan jika produk dari pihaknya telah siap jual jika memang mobil listrik betul-betul diterapkan.

“Untuk produk sendiri, kami telah siap. Sebab, di Cina sendiri kami juga telah memasarkan produk tersebut. Namun untuk di Indonesia, kami harus mempelajari terlebih dahulu tentang regulasinya,” terang Avianne lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Alasan Daihatsu Sigra Lebih Laris Dibanding Calya

OTOmart – Daihatsu Sigra dan Toyota Calya facelift telah secara resmi meluncur pada awal...

Mau Membeli Mobil Bekas? Begini Cek Kondisi Airbagnya

OTOmart – Salah satu fitur keselamatan penting yang harus dimiliki oleh mobil modern saat...

5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

OTOmart – Setelah tiga tahun meluncur, mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, yaitu...

Cari Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 80 Juta? Ini Daftarnya!

OTOmart – Punya dana Rp 80 jutaan dan mempunyai keinginan membeli mobil bekas? Mungkin...

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Dan Harga New Sigra Facelift 2019

OTOmart – Setelah 3 tahun lamanya tidak diberikan perubahan, kini mobil andalan PT Astra...

Siap Dirilis, Ini Spesifikasi New Sigra dan New Calya Facelift 2019

OTOmart – Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan, dua produk kembar milik Toyota dan Daihatsu,...