Mulai 2 Juli, Pemerintah Terapkan Perluasan Ganjil Genap

posted in: Uncategorized | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ganjil genap
Pemerintah akan lakukan uji coba penerapan ganjil genap mulai tanggal 2 Juli 2018 (Aktual)

OTOmart – Menjelang diselenggarakannya event olahraga se-Asia atau Asian Games yang akan dilangsungkan di Jakarta pada Agustus mendatang, membuat Kementerian Perhubungan mengeluarkan paket kebijakan untuk mengatasi kemacetan saat gelaran tersebut berlangsung. Salah satunya adalah mengenai kebijakan ganjil genap di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta.

Paket kebijakan ini sebelumnya juga telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, namun akan diadopsi serta diperluas wilayahnya. Direncanakan, uji coba kebijakan ini akan dimulai pada tanggal 2 hingga 31 Juli 2018 mendatang.

Baca Juga: Sistem Ganjil Genap Diberlakukan di Pintu Tol Bekasi, Kapan?

Namun yang menjadi perhatian adalah mengenai periode pelaksanaan pemberlakuan kebijakan ini yang rencananya akan dilakukan mulai Senin hingga Minggu yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Ini berarti dalam tujuh hari dengan durasi waktu hingga 15 jam setiap harinya, peraturan kebijakan ini akan dilakukan.

“Kebijakan ini dilakukan hingga malam hari, karena pergerakan atlet serta transportasi umum pada jam tersebut bisa terjadi kapan saja,” ucap Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), seperti dilansir laman Kompas.com.

Bambang juga mengungkapkan jika pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk tidak hanya mengawal ketika para atlet akan berlaga saja, namun juga perihal kondisi lalu lintas dan masyarakat lainnya, baik yang akan menonton maupun saat hendak bekerja.

Selain menetapkan kebijakan ganjil genap, Bambang juga mengungkapkan jika pihaknya juga akan melakukan kebijakan lain, seperti penyediaan angkutan umum serta pembatasan lalu lintas angkutan barang, mulai dari golongan III hingga V.

“Termasuk juga untuk mengamankan lalu lintas agar tetap lancar selama pertandingan berlangsung. Selain itu, juga bertujuan agar CO2 udara Jakarta berkurang. Hal ini tentunya akan turut menjaga kebugaran para atlit dalam bertanding,” terang Bambang.

Baca Juga: Mau Jalanan Lancar? Sebaiknya Jangan Lakukan Tailgating

Seperti yang diketahui sebelumnya, BPTJ telah mengumumkan jika akan melakukan perluasan kawasan ganjil genap, yaitu di Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Jenderal Sudirman, Jl MT. Haryono (simpang UKI-simpang Pancoran-simpang Kuningan), Jl. Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan-simpang Slipi), dan JL. S. Parman (simpang Slipi-simpang Tomang).

Setelah itu dilanjutkan ke Jl. HR. Rasuna Said, Jl. Jenderal A. Yani (simpang Perintis-simpang Pemuda), Jl, Metro Pondok Indah (simpang Kartini-Bundaran Metro Pondok Indah-simpang Pondok Indah-simpang Bungur-simpang Gandaria City-simpang Kebayoran Lama), Jl. Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb-Kupingan Ancol) dan Jl. RA. Kartini.

Setelah rencana uji coba ganjil genap ini berakhir pada 31 Juli 2018 mendatang, maka mulai tanggal 1 Agustus 2018 perluasan ganjil genap sudah mulai berlaku.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Wajah Segar All New Picanto 2017

Kia Picanto generasi ketiga sudah diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2017 di Swiss....