Perbandingan Perlindungan Penumpang Dari Berbagai Merek

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perlindungan
Uji Tabrak Toyota Avanza (Youtube)

OTOmart – Salah satu faktor yang membuat orang ingin membeli kendaraan atau mobil adalah faktor perlindungan dan keselamatannya. Salah satu bukti nyata adalah bentuk kerjasama antara Mitsubishi Xpander dengan Garuda Indonesia, sekaligus memutuskan kontrak antara Garuda Indonesia dengan dua produsen terdahulunya, yaitu Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Pihak Garuda mengklaim jika faktor keselamatan merupakan salah satu hal yang dipilih agar mampu melindungi para pengemudi dan penumpangnya ketika terjadi kecelakaan. Hal ini merujuk dari salah satu asosiasi yang memang sudah dikenal mempunyai tugas khusus untuk melakukan pengujian terhadap beberapa kendaraan.

Baca Juga: Mitsubishi Eclipse Cross Jadi Kendaraan Paling Aman Di Asia Tenggara

Lalu apakah kendaraan lain selain Xpander mempunyai tingkat keselamatan yang rendah?

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda mengetahui hasil uji tabrak yang telah dilakukan berdasarkan pengujian dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) yang merupakan lembaga dengan tugas dan fungsi untuk menguji kelayakan suatu mobil yang akan dipasarkan oleh konsumen, terutama di wilayah Asia Tenggara.

1. Toyota Avanza

Mobil andalan Toyota di segmen low MPV ini pernah menjalani sesi uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP pada Juli 2013 dengan hasil yang terbilang cukup baik. Pada uji tabrak tersebut, Avanza berhasil mendapatkan empat bintang dari lima bintang yang ada, dengan rincian skor perlindungan keselamatan untuk orang dewasa sebanyak 12,98 poin dari total maksimal 16 poin.

Sedangkan untuk perlindungan anak-anak, Avanza hanya berhasil meraih 18,47 poin atau sebesar 38 persen saja dari total maksimal 49 poin. Adapun sampel yang diuji adalah Toyota Avanza varian 1.3 E dengan transmisi manual.

2. Daihatsu Xenia

Sama seperti kembarannya, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga telah dilakukan uji tabrak pada bulan dan tahun yang sama, dimana varian yang digunakan untuk dilakukan pengujian ini adalah Xenia R 1.3 bertipe manual.

Baca Juga: Di Uji Tes Tabrak, Rush Terbaru Dapat Bintang Lima ASEAN NCAP

Selama dilakukan pengujian, Daihatsu Xenia berhasil meraih empat bintang dari total lima bintang, namun total poinnya lebih kecil jika dibandingkan Avanza. Daihatsu Xenia hanya berhasil meraih poin sebesar 12,34 poin untuk perlindungan orang dewasa, dan 15,95 poin untuk perlindungan anak-anak.

3. Mitsubishi Xpander

Pengujian Xpander dilakukan pada awal tahun 2018, dimana varian yang digunakan untuk dilakukan uji tabrak adalah varian Xpander GLS dengan transmisi manual. Dari hasil uji tabrak tersebut Xpander berhasil meraih empat bintang.

uji tabrak xpander
Xpander dilakukan uji tabrak oleh ASEAN NCAP (Youtube)

Berdasarkan penilaian yang dilakukan ASEAN NCAP, tingkat keamanan Xpander lebih baik dibandingkan dua mobil sebelumnya, dimana Xpander berhasil meraih poin sebesar 13,89 untuk perlindungan orang dewasa dan 18,69 poin untuk anak-anak.

Selain itu, Xpander juga berhasil mendapatkan penilaian untuk fitur keamanannya sendiri sebesar 13,89 poin. Menariknya, pengujian yang dilakukan terhadap Xpander telah menggunakan metode baru yang tentunya lebih ketat jika dibandingkan metode sebelumnya.

4. Suzuki Ertiga

Baca Juga: ASEAN NCAP Lakukan Tes Tabrak Kepada Xpander, Ini Hasilnya

Suzuki Ertiga telah melalui uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP pada April 2016 menggunakan sampel kendaraan Suzuki Ertiga 1.4 dengan transmisi manual produksi tahun 2016. Dari pengujian tersebut, Ertiga berhasil mendapatkan empat bintang dengan rincian 12,39 poin untuk perlindungan orang dewasa dan 16,37 poin untuk anak-anak.

5. Honda Mobilio

Salah satu mobil yang datanya tidak ada di ASEAN NCAP adalah Honda Mobilio. Karena itu hingga kini belum diketahui berapakah poin yang didapat oleh kendaraan ini saat melakukan uji tabrak.

Namun di Global NCAP, kendaraan ini telah dilakukan uji coba dengan hasil yang kurang memuaskan, dimana untuk Mobilio varian terendahnya yang hanya dilengkapi dengan dua airbag hanya mendapatkan tiga bintang saja.

6. Wuling Confero

Baca Juga: Wuling Confero Cuma Dapat 1 Bintang Dari Uji Tabrak Asean NCAP

Di ASEAN NCAP, varian Confero yang dijadika sampel adalah Confero 1.5 L DVVT tanpa airbag. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, Confero hanya berhasil meraih poin sebanyak 36,94 poin atau hanya satu bintang saja.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...

Tips Memilih Roof Box Untuk Mudik Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

OTOmart – Dalam beberapa minggu lagi, masa libur Lebaran akan segera tiba. Hal ini...