Tips Memeriksa Sistem Transmisi Mobil Bekas Dengan Mudah

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
sistem transmisi
Transmisi Otomatis (Raja Mobil)

OTOmart – Jika Anda berkeinginan membeli sebuah mobil bekas dengan sistem transmisi otomatis, maka hal yang paling penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah memeriksa kinerja dari sistem transmisinya tersebut. Lalu bagaimana cara mengecek sistem transmisi otomatis pada mobil bekas?

Ketika Anda membeli mobil bekas, maka telitilah sebelum Anda membelinya. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka tentu Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan kondisi transmisi matik yang mengalami masalah sehingga membuat Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk mereparasinya.

Baca Juga: Tips Gunakan Gigi Rendah Pada Sistem Transmisi Otomatis

Berikut ini adalah tips mudah dalam memeriksa sistem transmisi otomatis pada mobil bekas, antara lain yaitu:

Melihat dan Mencermati

cek oli mobil
Ilustrasi (Wikihow)

Agar Anda mendapatkan mobil bekas dengan sistem transmisi yang baik, maka pastikan Anda telah memeriksa bagian kolong transmisi dan perika apakah ada kebocoran oli pada bagian ini. Caranya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu rembesan oli yang biasanya ada, baru kemudian mencermati apakah terdapat kebocoran.

Setelah dipastikan tidak ada kebocoran oli pada transmisi, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencermati warna, bau serta kandungan olinya. Caranya adalah dengan mencabut dipstick oli transmisi dan memperhatikan secara cermat kondisi cairannya.

Jika warna cairan oli bening, maka transmisi dalam kondisi normal. Namun, jika terlihat berwarna kecokelatan, maka kemungkinan kampas kopling telah mulai aus sehingga perlu untuk diganti.

Jika warna cairannya berwarna hitam, maka dapat dipastikan kampas kopling telah habis dan Anda diwajibkan untuk melakukan overhaul transmisi.

Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat mengetahui oli transmisi bagus atau tidak melalui baunya. Jika berbau normal, maka transmisi bisa dipastikan baik-baik saja. Namun, jika baunya menyengat, maka oli transmisi Anda telah banyak terkandung dengan kandungan kontaminan sehingga diperlukan overhaul pada transmisi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

Selain dari bau, Anda juga dapat mengetahui adanya kandungan kontaminan pada oli melalui jari tangan. Jika tangan Anda merasakan serpihan, maka dapat dipastikan terdapat logam yang telah tercampur dengan oli transmisi tersebut.

Merasakan dan Memahami

test drive
Ilustrasi (Cover Hound)

Selain menggunakan cara melihat dan mencermati, Anda juga dapat melakukannya dengan cara merasakan dan memahami melalui test drive. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat melakukan test drive, antara lain yaitu:

1. Mencoba seluruh fungsi perpindahan pada tuas transmisi, mulai dari kondisi mesin menyala sembari menginjak pedal rem, setelah itu cobalah pindahkan tuas transmisi ke posisi semulanya.

Jika kondisi transmisi masih normal, maka tuas akan berpindah dengan sangat mudah dan tidak akan menimbulkan hentakan yang cukup keras.

Jika muncul hentakan yang cukup keras, maka dapat dipastikan telah terjadi kerusakan pada komponen transmisi, seperti mekanisme internal dari tuas akibat ECU yang mengalami kerusakan.

Jika hal ini muncul, maka sebaiknya carilah mobil bekas lainnya mengingat tingginya biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mereparasi transmisi maupun ketika mengganti ECU.

2. Saat melakukan test drive, pastikan saat melakukan perpindahan gigi secara otomatis, tuas tidak dalam kondisi bergetar. Selain itu, perhatikan juga indikator posisi gigi pada panel instrumen kendaraan, apakah telah sesuai dengan posisi tuas ataukah tidak.

3. Ketika melakukan test drive pastikan Anda dapat merasakan jeda waktu yang muncul ketika tuas dipindahkan hingga akhirnya transmisi memberikan respons. Jika transmisi dalam kondisi normal, maka jeda waktunya tidak akan lebih dari dua detik saja.

4. Pada umumnya sistem tranmisi otomatis mempunyai beberapa perbandingan gigi. Karena itu, saat melakukan test drive, pastikan Anda telah menguji responsnya saat melaju dari seluruh tingkatan percepatan tersebut.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

5. Jika sistem transmisi CVT sama sekali tidak mengalami perpindahan gigi dengan penerapan dua buah puli yang telah terhubung dengan belt dan Anda juga tidak merasakan kehalusan saat berakselerasi, maka dapat dipastikan jika transmisi mobil bekas tersebut tengah bermasalah.

6. Cobalah untuk memindahkan tuas ke L atau 1, kemudian jalankan mobil tersebut hingga 3.000 rpm. Jika terdapat getaran bodi yang berlebihan, maka dipastikan transmisi mengalami masalah.

7. Untuk menguji slip, Anda dapat mengeceknya ketika melewati jalan yang menanjak, jika transmisi masih normal, maka slip yang terjadi kemungkinan akan sangat minim. Namun ketika putaran mesin naik tapi tidak selaras dengan pertambahan kecepatan, maka dapat dipastikan transmisi mobil bekas tersebut telah mengalami slip sehingga sulit menanjak.

8. Cara terakhir dan terbukti paling efektif adalah dengan mengajak teman yang telah paham dan telah terbiasa berkendara menggunakan sistem transmisi otomatis sehingga ia dapat menggunakan feeling-nya untuk merasakan apakah performa transmisi yang ada masih tergolong normal ataukah tidak.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...