Sebelum Perjalanan Mudik, Perhatikan Kampas Rem Mobil Anda

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kampas rem
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan jika kendaraan Anda berada dalam kondisi prima. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sistem pengeremannya, terutama pada bagian kampas rem mobil nda.

Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem pengereman mobil, namun mempunyai peran yang sangat vital bagi keselamatan Anda. Jika komponen ini luput dari perhatian Anda, akan membuat pengendara sulit untuk menghentikan laju kendaraan dan melakukan pengereman.

Baca Juga: Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

Komponen ini merupakan salah satu spare part yang mempunyai masa pakai dan batas penggunaan. Karena itu, sebelum Anda melakukan perjalanan mudik dengan jarak jauh, selalu cek kondisi kampas rem mobil Anda, dan perhatikan apakah kampas mobil Anda dalam kondisi siap pakai.

Namun bagaimanakah Anda dapat mengetahui apakah kampas rem mobil Anda dalam kondisi siap pakai atau tidak?

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah kampas sudah dalam keadaan aus sehingga perlu untuk diganti.

“Sebenarnya cara termudah untuk mengetahui apakah kampas Anda masih layak atau tidak adalah dengan menginjak pedal rem. Jika pedal rem dirasakan terlalu dalam, maka dapat diindikasikan jika kampas mobil Anda telah aus dan perlu diganti,” ucap Teknisi Auto2000, Heri, seperti dilansir laman GridOto.com.

Pedal rem yang terlalu dalam pada umumnya diakibatkan karena kampas telah tipis sehingga menyebabkan daya cengkram rem menjadi berkurang.

Selain itu, Heri pun menuturkan bahwa kondisi kampas yang telah habis atau aus dapat juga Anda rasakan ketika pedal rem mengalami getaran.

Getaran yang Anda rasakan di pedal rem disebabkan karena permukaan kampas yang tidak merata ketika mobil melakukan pengereman.

Baca Juga: Ingin Mudik Nyaman, Sebaiknya Perhatikan Komponen Fan Belt Anda

Ciri lainnya yang bisa Anda ketahui adalah terdengarnya suara seperti gesekan besi yang berada di area roda mobil.

“Bunyinya itu seperti besi yang saling beradu dan saling bergesekan. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat merusak piringan rem cakram,” ucapnya lagi.

Jika kampas telah menipis, maka akan menyebabkan terjadinya bunyi gesekan besi. Hal ini terjadi karena terjadi gesekan antara besi sisa kampas dengan piringan cakram.

Karena itu, Heri menyarankan agar Anda selalu mengecek ketinggian minyak rem Anda. Pada umumnya volume minyak rem yang kurang dari batas, disebabkan karena kampas telah menipis dari seharusnya.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, terutama mencari Avanza dan Xenia bekas, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Isuzu D-Max Dapat Bintang Lima dari ASEAN NCAP, Jadi Mobil Teraman

OTOmart – Isuzu D-Max merupakan salah satu kendaraan tangguh berjenis pick-up andalan dari Isuzu...

Dapatkan Dua Paket Promo Toyota Di Awal Tahun 2020

OTOmart – Memasuki awal tahun, Auto2000 memberikan dua promo bagi para konsumen setianya yang...

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...