Ini Perbedaan Antara Toyota Yaris Terbaru vs Yaris Lama

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota yaris terbaru
Sumber: Kumparan

OTOmart – Toyota akhirnya secara resmi telah merilis Toyota New Yaris generasi ketiganya. Mobil ini mempunyai banyak perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan model sebelumnya, dimana penampilannya saat ini nampak lebih segar dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Lalu apa saja perbedaan antara Toyota Yaris terbaru degan Yaris lama?

Jika dilihat dari segi desain dapat dilihat secara kasat mata perbedaannya. Meskipun tidak sepenuhnya baru, namun perubahannya yang cukup signifikan sebab dibuat dengan desain facelift. Selain itu, bagian eksteriornya juga menampakkan wajah baru dengan berbagai revisi, mulai dari desain lampu, grille, bemper serta kap mesin. Untuk dimensi bodi sudah lebih besar dari sebelumnya, meskipun jarak poros roda masih sama dengan model yang lama.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga Resmi New Yaris 2018

Pada bagian sisi sampingnya pun terlihat berubah dengan adanya pahatan serta lekukan bodi yang membuat penampilannya sedikit lebih seksi. Di bagian atap belakang, Toyota Yaris terbaru ini sedikit lebih landau dengan pilar-C yang telah diberi warna hitam sehingga menimbulkan kesan atap yang mengambang. Perubahan yang mencolok juga terjadi pada desain tailgate serta lampu belakangnya.

Tidak cuma bagian eksteriornya saja yang berubah, namun juga pada desain interiornya. Dimana perubahan utama terjadi pada bagian dashboard. Selain itu, desain cluster instrument serta konsol tengahnya juga mengalami perombakan yang cukup signifikan. Beberapa trim interior juga semakin ditingkatkan pada mobil ini sehingga menjadi sedikit lebih mewah dibandingkan sebelumnya.

Untuk fitur yang disematkan pada Toyota Yaris terbaru ini mempunyai perbedaan jika dibandingkan dengan Yaris lama. Namun, perbedaan yang cukup signifikan adalah sistem safety yang disematkan di dalamnya. Dimana pada semua varian Yaris terbaru ini telah dibekali dengan 7 kantung udara, VSC+TC, rem ABS+EBD+BA, dan hill start assist.

Pada bagian mesin, Toyota rupanya masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya pada mesin Yaris terbarunya ini, termasuk tenaga serta torsi yang mampu dihasilkan. Namun, yang membedakannya hanyalah pada varian tertingginya, yaitu TRD CVT yang telah didukung dengan paddle shift serta mempunyai dua pilihan mode berkendara, yaitu Eco dan Sport.

Pembeda lainnya yaitu pada rasa berkendara. Dimana yaris terbaru dijadikan sengaja lebih sporty tanpa sedikit pun menghilangkan kenyamanan. Bahkan pada sejumlah bagian telah ditingkatkan sehingga menjadi lebih menarik bagi anak muda yang memang membutuhkan kenyamanan sekaligus kelincahan pada kendaraannya.

Baca Juga: Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

Beberapa hal yang dilakukan perubahan, yaitu cross bar depan, bracket atau dudukannya yang sengaja dibuat menjadi lebih tebal dengan maksud agar daya cengkeramannya menjadi sedikit lebih baik. Lalu pada pengelasan spot welding yang terdapat pada bagian rangkanya ditambah sehingga menjadi sedikit lebih kaku. Pada bagian under body juga telah ditambahkan pengait sehingga akan mempengaruhi kestabilan dalam pengendaliannya. Lalu juga pada bagian suspensinya yang telah disetel sedikit berbeda dibanding sebelumnya.

Toyota juga memberikan Yaris terbaru ini dengan kadar kedap yang ditingkatkan dengan menambahkan absorber pada beberapa titik untuk menyerap suara, serta menambah bagian pada dashboard insulation antara bagian kabin dengan ruang mesin.

Jika disimpulkan, maka cukup banyak perubahan yang dilakukan oleh Toyota pada New Yaris, mulai dari penampilan, fitur serta rasa berkendara yang berbeda merupakan hal yang dijanjikan oleh Toyota pada New Yaris terbarunya. Sedangkan untuk harganya terdapat perbedaan antara model terbaru Yaris dengan model lamanya, dimana Yaris terbaru dihargai lebih mahal Rp 3 juta untuk varian bawahnya serta Rp 1,5 juta untuk varian tertinggi, yaitu TRD Sportivo.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Otomart – Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta...

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar...

Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi...

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....