Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
oli mobil matic
Sumber: Getty Images

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi matic. Pada mobil manual, oli hanya berfungsi sebagai pelumas untuk komponen mesin. Sedangkan pada mobil matic, oli bukan hanya sebagai pelumas saja, namun juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatisnya. Oli mobil matic sering disebut juga sebagai oli transmisi.

Baca Juga: 6 Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Lalu apa efek yang didapat jika Anda salah menggunakan oli mobil atau bahkan jarang mengganti oli transmisi? Jika Anda salah menggunakan oli yang seharusnya atau bahkan jarang mengganti oli transmisi pada mobil matic, maka oli akan cepat panas dan menyebabkan komponen kopling hidrolik serta komponen rem pada mobil matic menjadi cepat aus, atau akibat terburuknya adalah terbakar. Jika hal ini sampai terjadi, maka tenaga dari mesin tidak akan sampai ke penggerak roda mobil sehingga menyebabkan mobil mogok.

Oli mobil matic pada umumnya berjenis ATF, CVTF, WS dan T-IV. Sedangkan untuk mobil matic yang rilis tahun 2000 ke atas, umumnya menggunakan oli transmisi bertipe DEXTRON VI. Namun, sebaiknya Anda membuka panduan mobil Anda untuk mengetahui jenis oli transmisi yang cocok digunakan pada mobil matic Anda agar performa mobil tetap stabil dan awet.

Pada pergantian oli mobil matic dikenal dua istilah, yaitu kuras dang anti oli transmisi. Lalu apa perbedaan kedua istilah ini?

Baca Juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil yang Baik dan Benar

  • Istilah ganti oli transmisi, berarti pihak bengkel akan membuka baut yang terdapat pada karter gearbos sehingga oli yang terbuang hanyalah oli transmisi yang terdapat di dalam karter gearbox. Biasanya daya tampung yang terdapat pada gearbox ini sekitar 3-4 liter.
  • Kuras oli transmisi, hal ini berarti pihak bengkel akan menguras seluruh oli transmisi yang terdapat di dalam mesin. Proses pengurasannya Anda bisa memilih apakah dengan menggunakan cara manual atau menggunakan alat khusus yang biasa disebut dengan ATF Changer. Biasanya oli yang dikeluarkan sebanyak 7 hingga 10 liter.

Itulah perbedaan antara oli mobil transmisi manual dengan oli mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...

Modifikasi Suzuki Ertiga Terbaru Bikin Tampilannya Makin Agresif

OTOmart – Agar meningkatkan daya saing suatu produk tentunya perlu pembaharuan agar semakin kompetitif...

All New Honda Brio Punya Desain Bagasi Yang Lebih Luas Dari Agya

OTOmart – Sejak meluncur secara resmi pada Agustus 2018 kemarin, hingga kini masih banyak...

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Perlu Diketahui

Otomart – Seringkali kita mendengar berita mengenai mobil yang terbakar ketika sedang berjalan. Namun,...

10 Fitur Tersembunyi Yang Jarang Diketahui Pada Toyota Calya

OTOmart – Bagi Anda pecinta Toyota Calya dan sudah lama menggunakan mobil ini dalam...