Ini Perbedaan Antara Mobil Datsun GO Panca Dengan GO Cross

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

mobil datsun go

OTOmart – Setelah diluncurkan secara resmi pada Kamis, (18/1) kemarin, dan telah dikategorikan bukan sebagai produk Low Cost Green Car (LCGC) meskipun mempunyai platform yang sama dengan produk Datsun sebelumnya, yaitu mobil Datsun GO Panca dan GO+ Panca, yaitu platform CMF-A.

Mobil terbaru buatan Datsun, yaitu Datsun Cross memang tampil lebih segar dengan beragam fitur terkini yang disematkan padanya. Namun, karena basis Cross merupakan basis yang sama dengan yang digunakan oleh GO+ Panca, maka sangat wajar jika kedua mobil ini mempunyai wheelbase yang sama, yaitu 2.450 mm. Bukan hanya wheelbase, melainkan panjang serta desain lampu belakang keduanya pun sangat mirip.

Di bagian kabinnya, mobil ini mempunyai desain kursi belakang yang bahkan sama dengan Go Panca, dengan konfigurasi penumpang 5+2 di mana pada baris ketiganya sangat tidak direkomendasikan untuk penumpang dewasa. Di bagian transmisinya pun, Datsun Cross manual dan Datsun GO+ Panca manual mempunyai sistem transmisi yang sama, yaitu sistem transmisi dengan lima percepatan. Lalu apa saja perbedaan dari keduanya yang dapat diketahui?

Eksterior

Jika melihat bagian eksterior antara Datsun Cross dan GO+ Panca, maka Anda akan melihat perbedaan yang kental. Perbedaan tersebut dapat dilihar dari muka Datsun Cross yang nampak lebih tegas dan kekinian akibat desain lampu serta bagian bemper baru yang disematkan padanya. Di bagian lampu utama, Datsun menyematkan headlamp proyektor dengan pendaran lampu yang lebih terarah jika dibandingkan dengan mobil Datsun Go+ Panca yang masih mengandalkan reflektor konvensional. Lampu depannya pun telah dikombinasi dengan lampu indikator sein yang telah dilengkapi dengan DRL (Day-time Running Light).

Baca Juga: Datsun Cross Gunakan Platform Berbasis Datsun GO+ Panca

Untuk semakin menegaskan kesan crossover pada mobil ini, Datsun membekali mobil barunya ini dengan roof rail di bagian atapnya, pelek yang lebih besar, serta penggunaan skid plate di bagian bempernya. Selain itu, Datsun juga memberikan cladding pada sisi mobil ini. Tambahan ini tentu membuat Cross menjadi semakin terlihat bongsor dari pada Go+ Panca yang nampak lebih polos.

Desain fog lamp kedua mobil ini juga terlihat berbeda, dimana Cross mempunyai posisi lampu kabut yang lebih tinggi daripada kebanyakan mobil biasanya sehingga semakin menunjukkan kesan sporty yang kuat pada mobil ini, ditambah lagi dengan DRL yang disematkan kepada mobil ini tentu akan semakin menegaskan identitas Cross.

Fitur

datsun indonesia

Perbedaan Datsun Cross dan GO+ Panca juga terlihat dari fitur yang disematkan. Cross mempunyai teknologi keselamatan terkini yang meskipun tidak terlalu baru, namun tetap mampu membantu menjaga keselamatan para penumpang serta pengemudinya. Beberapa fitur yang ditanamkan pada Cross, antara lain yaitu dua kantung udara di bagian depan, rem yang telah menggunakan teknologi ABS+EBD, BA, kendali traksi (TCS), Brake Limited Slip Differential (B-LSD) serta VDC (Vehicle Dynamic Control).

Baca Juga: Datsun Indonesia Perkirakan Harga Datsun Cross Rp 163 Juta

Untuk fitur hiburan, perbedaan yang terlihat sangat mencolok. Cross sebagai mobil terbaru Datsun disematkan layar sentuh berukuran 6,7 inci, sedangkan pada mobil Datsun GO+ Panca terdapat varian jadul yang masih menggunakan 1 Din Audio dengan Aux Jack.

Mesin

Untuk bagian mesin, Cross dan GO+ Panca sama-sama disematkan dengan mesin HR12DE 1.2-liter bertenaga 68 PS dengan torsi maksimal sebesar 104 Nm. Akan tetapi, Datsun memberikan Cross varian XTronic CVT (Continously Variable Transmission) sehingga membuat tenaga mesin menjadi sedikit lebih optimal, yaitu sebesar 78 PS karena transmisi otomatis yang diberikan kepada mobil ini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...