Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perbedaan mesin diesel dan bensin
Mesin (Buka Lapak)

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan mesin, kendaraan tidak akan dapat bergerak dan berjalan. Mesin pun terbagi menjadi dua pilihan, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Dari kedua mesin tersebut, manakah yang terbaik dan apa saja perbedaan mesin diesel dan bensin yang perlu diketahui?

Perbedaan mesin diesel dan bensin tentu dari karakter yang dimiliki oleh masing-masing mesin tersebut. Hal ini karena keduanya mempunyai karakter tersendiri sehingga perbandingan keduanya pun cukup mencolok. Meski begitu, mobil dengan mesin bensin jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil dengan mesin diesel. Lalu sejelek itukah mesin diesel?

Baca Juga: Mesin Turbo Wuling Almaz vs DFSK Glory 580, Mana Yang Terbaik?

Berikut ini adalah perbedaan mesin diesel dan bensin yang patut Anda ketahui sebelum Anda memutuskan membeli mobil yang kami lansir dari laman kiosban.com:

1. Getaran

Perbedaan mesin diesel dan bensin pertama yang perlu diketahui adalah dari getarannya. Jika dibandingkan dengan mesin diesel, mesin bensin tentunya mempunyai getaran yang jauh lebih halus. Hal ini terjadi karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi yang cukup tinggi pada proses pembakarannya, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Meski begitu, secara konstan teknologi mesin diesel kini semakin canggih dan modern sehingga sanggup menghasilkan getaran yang jauh lebih halus jika dibandingkan dengan mesin diesel konvensional. Bahkan pabrikan mobil mewah seperti BMW telah mengembangkan line-up kendaraannya dengan mesin diesel.

2. Performa

Untuk performa, perbedaan mesin diesel dan bensin tentunya mempunyai tingkat performa yang berbeda. Mesin bensin tentunya mempunyai Horse Power (Daya Kuda) yang jauh lebih besar ketimbang mesin diesel. Namun, untuk urusan torsi, khususnya di putaran bawah mesin, mesin diesel jauh lebih unggul. Hal ini tentu berakibat pada kelincahan dan kekuatan dari masing-masin mesin tersebut.

Baca Juga: Komparasi Mesin Brio vs Jazz 2016, Mana Yang Cocok di Perkotaan?

Mesin bensin tentunya jauh lebih lincah ketimbang mesin diesel. Akan tetapi, mesin diesel mempunyai kekuatan yang cukup handal, terutama ketika mereka diharuskan membawa beban yang berat serta menempuh medan yang cukup ekstrem.

3. Ketahanan/ Keawetan

mesin diesel
Mesin diesel Mercedes Benz (Carvaganza)

Untuk tingkat durability atau ketahanan, mesin diesel sudah lama dikenal sebagai mesin bandel. Jika Anda mampu merawat mesin diesel dengan benar, maka mesin diesel dapat bekerja lebih lama jika dibandingkan dengan mesin bensin. Hal inilah yang menyebabkan mengapa mesin industri kebanyakan menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya.

4. Efisiensi

Untuk tingkat efisiensi bahan bakar, perbedaan mesin diesel dan bensin cukup mencolok. Mobil dengan mesin diesel mempunyai tingkat efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik ketimbang mobil bensin dengan kapasitas yang sama. Belum lagi jika dihitung perbedaan antara harga perliter bensin (pertamax) dengan solar, tentunya harganya jauh lebih irit solar. Hal inilah yang mendasari mengapa mesin diesel jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin bensin.

5. Ramah Lingkungan

Mesin bensin tentunya mempunyai kualitas yang jauh lebih baik ketimbang mesin diesel dari faktor ramah lingkungan. Namun, kehadiran bio solar tentunya mulai mengancam eksistensi mesin bensin. Meski begitu, tetap saja mesin bensin jauh lebih unggul karena terdapat sistem Catalytic Converter.

Baca Juga: Cari Mesin Mobil Copotan Berusia Muda? Mampir Kesini Aja!

Itulah beberapa perbedaan mesin diesel dengan bensin. Terlepas dari manakah yang terbaik, semuanya tergantung dari kebutuhan Anda sebagai konsumen. Apakah menginginkan mobil dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang irit dengan kekuatan dan daya tahan yang cukup lama ataukah mobil dengan kelincahan serta ramah lingkungan.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...