Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

posted in: Artikel Mobil | 7 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin avanza
Sumber: Grand New Avanza

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan nama Avanza dan Xenia. Dua nama tersebut sering hilir mudik berseliweran di jalanan tanah air. Hal ini dikarenakan kendaraan jenis minibus ini sangat nyaman untuk dikendarai bersama dengan seluruh anggota keluarga tanpa menguras isi dompet Anda terlalu banyak. Karena banyaknya pengguna mobil ini membuat sebagian orang merasa kebingungan dalam memilih dua mobil ini. Nah berikut ini Bung OTO akan memberikan perbedaan terutama antara mesin Avanza dengan mesin Xenia.

Toyota Avanza saat ini hadir dengan tipe terbarunya, yaitu Toyota Grand New Avanza, sedangkan Daihatsu juga tidak mau kalah dengan menghadirkan tipe Xenia terbarunya, yaitu Daihatsu Great New Xenia.

Mesin Avanza dan Xenia

Kedua mobil ini telah dibekali oleh masing-masing pabrikannya dengan mesin yang berbeda tentunya. Toyota menyematkan Grand New Avanza dengan dua pilihan mesin Avanza terbaru, yaitu tipe 1NR-VE dengan kubikasi 1300 cc 4 silinder Dual VVT-i sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 96 hp dengan torsi maksimum 120 Nm. Tipe mesin Avanza lainnya dari Grand New Avanza yaitu tipe 2NR-VE dengan kubikasi 1500 cc 4-silinder Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 hp dengan torsi maksimum 140 Nm.

Baca Juga: Kenali Cara Merawat Mobil Avanza Ini Agar Tetap Nyaman Digunakan

Sedangkan untuk Great New Xenia, Daihatsu menyematkan mobil ini dengan mesin EJ-VE berkubikasi 1.000 cc dengan 3 silinder VVT-i sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 63 hp dengan torsi maksimum sebesar 93 Nm. Sedangkan untuk tipe X dan R, Daihatsu memberikan mesin terbarunya yang sama dengan yang dimiliki oleh Grand New Avanza 1.3, yaitu mesin bertipe 1NR-VE 1300 cc.

Fitur Avanza dan Xenia

mesin avanza
Sumber: Momobil

Selain perbedaan antara mesin Avanza dan Xenia, perbedaan lainnya dari kedua mobil ini terdapat pada bagian remnya. Untuk Grand New Avanza, Toyota telah menerapkan mobil ini dengan mekanisme rem ABS dan EBD pada semua variannya. Sedangkan untuk Great New Xenia, Daihatsu belum memberikan sistem keamanan rem ABS dan EBD. Namun, Daihatsu memberikan fitur lain sebagai penggantinya, yaitu dual airbag, window jam protection serta side impact beam yang disematkan padanya.

Baca Juga: Great New Xenia Harga Ekonomis Hemat Bahan Bakar

Grand New Avanza memberikan aplikasi headrest ekstra yang ditempatkan pada kursi baris kedua yang pada umumnya diduduki oleh anak-anak sehingga anak-anak menjadi lebih aman. Sedangkan pada Xenia terbaru, Daihatsu belum memberikan fitur ini.

Toyota Grand New Avanza terlihat polos bahkan minus untuk paket eksteriornya jika dibandingkan dengan Great New Xenia yang mempunyai beberapa pilihan paket, mulai dari Sporty dan Deluxe. Jika membeli paket Sporty, maka Anda akan mendapatkan bodykit bergaya crossover seperti handle chrome dan fender ornament. Sedangkan jika Anda memilih paket Deluxe, maka Anda akan menjumpai tipe M dan X yang menyediakan aksesori bodykit komplit mulai dari bemper depan hingga belakang, side skirt, grille chrome, reflector horizontal, chrome window, gamish chrome plate serta spoiler.

Untuk harganya, Avanza dan Xenia terbaru juga dibanderol dengan harga yang berbeda. Untuk Daihatsu Great New Xenia ditawarkan mulai dari kisaran harga Rp 150,3 juta hingga Rp 204,35 juta. Sedangkan untuk Toyota Grand New Avanza dibanderol mulai dari Rp 178,1 juta hingga Rp 211 juta.

Itulah beberapa perbedaan antara Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...