Xpander vs Grand Livina, Manakah Yang Terbaik? Ini Perbandingannya

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

livina

OTOmart – Siapa yang tidak mengenal dua mobil bersegmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) ini dan merupakan mobil Low MPV termahal di Indonesia. Saat ini, keduanya merupakan mobil yang menjadi model di kelasnya, di mana konsep bodi yang digunakan oleh keduanya berbeda dari model mobil lainnya. Lalu mana dari kedua mobil tersebut yang cocok untuk Anda, melihat keduanya mempunyai bentuk desain yang berbeda, Xpander dengan gaya crossover dan Nissan Grand Livina dengan gaya station wagon.

Eksterior dan Dimensi

Jika dilihat, penampilan dari Xpander dan Grand Livina mempunyai bentuk yang berbeda dari kebanyakan small MPV umumnya. Hal ini dapat dilihat dari ground clearance keduanya, dimana Nissan Grand Livina mempunyai ground clearance yang rendah untuk memberikan kenyamanan para penghuni kabin. Sedangkan Xpander justru memberikan kesan kuat dan berotot di bagian desain dengan ground clearancenya yang tinggi demi daya jelajah yang lebih baik. Ketinggian ground clearance mobil keluarga buatan Nissan tersebut mempunyai tinggi 175 mm, sedangkan untuk Xpander mempunyai tinggi 205 mm.

Selain itu, tipe termahal dari kedua mobil tersebut ternyata sama-sama menggunakan pelek berukuran 16-inci dan paling modis di kelasnya. Varian tertinggi dari Grand Livina serta Xpander juga mempunyai banyak ornament krom dengan nuansa small MPV premium. Akan tetapi semua fitur yang disematkan di bagian eksteriornya ternyata masih biasa saja, serta tidak disertai dengan lampu bermodel proyektor yang saat ini tengah digemari. Namun, pada Xpander, Mitsubishi menyematkan lampu LED dengan desain yang modern pada bagian sisi kap meskipun lampu tersebut bukanlah sebagai lampu utama.

livina

Untuk bagian dimensi body mobil, mobil keluarga dari Nissan ini mempunyai dimensi panjang 4.485 mm, lebar 1.700 mm dengan tinggi 1.595 mm. Sedangkan untuk Xpander mempunyai panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Jika membandingkan dari dimensi tersebut, tampak Grand Livina mempunyai dimensi yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan Xpander. Namun, Xpander mempunyai dimensi yang lebih lebar dan lebih tinggi.

Baca Juga: Nissan Akan Buat Mobil Low MPV Menggunakan Platform Xpander

Dengan ruang dimensi yang lebih lebar, tentu membuat ruang kabin Xpander menjadi lebih lapang dibandingkan dengan Grand Livina. Ditambah dengan jarak sumbu roda Xpander yang lebih panjang 175 mm dibandingkan dengan Nissan yang hanya 2.600 mm. Akan tetapi, meskipun jarak sumbu roda Xpander lebih panjang, justru membuat radius putar mobil ini lebih baik ketimbang Nissan dengan minimum turning radius Xpander 5,2 meter jika dibandingkan dengan Grand Livina 5,5 meter. Sehingga jika melakukan putar balik di jalan yang sempit akan membuat Xpander menjadi lebih mudah.

Fitur Kabin

livina
Sumber: Nissan

Xpander dan Grand Livina merupakan dua mobil Low MPV termahal di kelasnya, tentu hal ini harus dibarengi dengan fitur-fitur terbaik. Jika membandingkan keduanya, fitur Grand Livina boleh dibilang paling lengkap dan terbaik di kelasnya berkat sistem multimedia yang telah dibekali dengan headunit layar sentuh berukuran 7-inci dan telah terkoneksi dengan USB dan Bluetooth.

Selain itu, headunit dari Nissan ini telah mempunyai fungsi mirroring dengan smartphone sehingga dapat menampilkan navigasi GPS dari berbagai aplikasi smartphone. Para penumpang juga dapat terhibur dengan adanya roof monitor berukuran 10-inci yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya di kelasnya. Semua hal itu juga dapat dioperasikan dengan sangat mudah melalui tombol audio pada lingkar kemudinya yang telah dibalut dengan kulit.

Sedangkan untuk sistem hiburan Xpander meskipun kalah bersaing dengan Grand Livina, akan tetapi mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kompetitornya tersebut, dimana pada setiap barisnya terdapat power outlet 12V yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya smartphone Anda.

Selain itu, Mitsubishi membekali Xpander dengan keberadaan kunci pintar (Smart Key) yang mampu mendeteksi keberadaan kunci sehingga pengemudinya dapat langsung membuka pintu meskipun kunci tersimpan di dalam saku celana ataupun tas. Hal ini juga berlaku saat pengemudi akan menghidupkan dan mematikan mesin hanya dengan menekan tombol Start-Stop.

Xpander juga menawarkan kenyamanan lebih jika dibandingkan dengan Grand Livina, dimana pada bagian AC mobil ini telah menggunakan AC double blower, sedangkan pada Nissan tidak. Namun, Grand Livinia menyediakan outlet tanpa kontrol dari konsol tengah untuk penumpang di bagian belakangnya sehingga menimbulkan efek sejuk ke dalam kabin yang tidak dimiliki oleh Xpander.

Keselamatan dan Keamanan

Jika melihat dari fitur keselamatan dan keamanan, Grand Livina merupakan mobil dengan fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang sederhana jika dibandingkan dengan Xpander. Hal ini wajar sebab Grand Livina bukanlah tergolong mobil keluaran terbaru seperti Xpander yang telah didukung dengan fitur Hill Start Assist (HAS), active stability dan traction control. Grand Livina juga belum dibekali dengan kunci immobilizer yang saat ini terdapat pada mobil keluaran terbaru.

Performa

livina

Perbandingan performa kedua mobil ini tentu sangat sulit, sebab kedua mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama, yaitu 1,5 liter. Akan tetapi tenaga yang dihasilkan oleh Grand Livina dari penggunaan mesin ini sangat tinggi ketimbang Xpander. Hal ini terlihat dari output mesin HR15DE Nissan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada kecepatan 5.600 rpm dengan torsi puncak mencapai 143,1 Nm pada kecepatan 4.000 rpm. Sedangkan mesin yang disematkan pada Xpander mampu memberikan tenaga sebesar 104 PS pada kecepatan 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai angka 141 Nm pada kecepatan 4.000 rpm.

Baca Juga: Nissan Grand Livina Buktikan Keiiritan Bahan Bakar

Di bagian transmisi, Mitsubishi hanya memberikan Xpander dengan girboks transmisi otomatis konvensional dengan 4-percepatan, sedangkan Grand Livina telah menggunakan sistem transmisi Xtronic CVT (Continuous Variable Transmission) yang memberikan kesan elegan dan lembut saat berkendara. Sedangkan untuk pilihan transmisi manual dengan 5 percepatan, keduanya menawarkan pilihan tersebut untuk para konsumen.

Kesimpulan dan Harga

livina

Dalam menyajikan kendaraan keluarga yang aman dan nyaman, Xpander masih mempunyai beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan Grand Livina, namun Nissan Grand Livina juga belum dapat dikatakan sempurna dalam mengakomodir kebutuhan kendaraan keluarga.

Xpander mempunyai nilai utama yang dapat dilihat dari ground clearance yang dibuat tinggi dengan ruang kabin yang lebih luas serta fitur keselamatan dan keamanan yang terbaik di kelasnya saat ini. Namun, di sisi lain, Grand Livina justru menawarkan kenyamanan kepada para pengemudi dan penumpangnya dengan berkendara ala mobil sedan karena ground clearancenya yang rendah serta transmisi otomatis CVT yang lembut serta berbagai fitur hiburan yang modern.

Nissan Grand Livina dibanderol mulai dari harga Rp 208,4 juta hingga Rp 264,3 juta. Sedangkan untuk Xpander di banderol mulai dari harga Rp 189,05 juta hingga Rp 245,35 juta. Karena itu, sebelum Anda membelinya sebaiknya perlu mengetahui jenis kebutuhan yang Anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber: Oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...