Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
yaris
Sumber: Carmudi PH

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) memang selalu menarik. Salah satunya ada di kelas hatchback, dimana Honda dengan produknya New Honda Jazz RS dan Toyota dengan Toyota Yaris.

Kedua mobil tersebut akhir-akhir menjadi idola para remaja di Indonesia. Persaingan keduanya amat ketat, bahkan Toyota Yaris Heykers yang merupakan rival dari Honda Jazz RS dimanfaatkan oleh Toyota untuk masuk ke pasar crossover.

Lalu manakah dari kedua mobil ini yang lebih unggul dan pantas untuk menjadi raja kendaraan hatchback di Indonesia? Berikut ini adalah perbandingannya, seperti dilansir laman Kumparan.

Dimensi Kendaraan

Kedua kendaraan ini mempunyai kapasitas 5 penumpang sehingga dari segi ukuran keduanya tidak berbeda jauh. Namun, jika dilihat secara sekilas, penampilan Honda Jazz sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. Akan tetapi jarak terendah ke tanah dari kedua mobil ini hanya berselisih 1 mm saja.

Baca Juga: Honda Jazz Rebut Status Mobil Dengan Harga Jual Terbaik Dari Avanza

Toyota Yaris TRD Sportivo mempunyai panjang dan lebar yang lebih jika dibandingkan dengan Honda Jazz RS. Meskipun perbedaannya sangat kecil, namun duduk di dalam mobil Honda Jazz RS ini rasanya lebih sempit ketimbang duduk di dalam Toyota Yaris TRD Sportivo.

Kedua mobil ini terlihat sangat mirip saat Anda membandingkan jarak sumbu ronda pada kedua mobil, di mana pada Honda Jazz RS jarak antara sumbu roda berjarak 2.530 mm, sedangkan pada Toyota Yaris TRD Sportivo lebih panjang dengan jarak sumbu roda sebesar 2.550 mm.

Fitur

Pada Honda Jazz RS, Grille dan bumper terbarunya dilengkapi dengan LED headlamp yang disertai dengan Daytime Running Light (DRL). Sedangkan pada Toyota Yaris TRD Sportivo, Toyota menyematkan bumper depan mobil ini dengan projector headlamp yang dilengkapi dengan LED DRL.

yaris
Sumber: Netcar Show

Untuk ukuran velg, Honda Jazz RS mengadopsi velg berukuran 16 inci, sedangkan Toyota Yaris TRD Sportivo menggunakan velg berukuran lebih kecil 15 inci. Untuk fitur keselamatan, keduanya mempunyai fitur yang sama. Dimulai dari sistem pengereman yang sama-sama menggunakan ABS dan EDB serta dual SRS airbag. Akan tetapi pada Toyota Yaris TRD Sportivo dilengkapi dengan brake assist (BA).

Baca Juga: Kenali Yaris 2017 Terbaru Sebelum Anda Membelinya

Selain itu, keduanya juga menggunakan tombol start/stop serta sistem pendingin A/C yang telah menggunakan sistem digital. Namun, sedikit keunggulan dari Honda Jazz RS terdapat pada head unitnya yang berukuran lebih besar, yaitu berukuran 8 inci. Walau begitu, head unit yang terdapat pada Toyota Yaris TRD Sportivo mempunyai fungsional yang lebih karena dapat memainkan CD serta DVD.

Mesin

Yaris TRD Sportivo menggunakan mesin dengan teknologi DOHC dengan kapasitas mesin sebesar 1.496 cc sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 106 dk dengan torsi maksimum sebesar 140 Nm. Sedangkan pada Honda Jazz RS menggunakan mesin SOHC berkapasitas 1.497 cc dengan tenaga yang dihasilkan lebih besar, yaitu 118 dk dengan torsi maksimum sebesar 145 Nm.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Otomart – Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta...

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar...

Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

Otomart – Tahukah Anda jika oli untuk mobil bertransmisi manual berbeda dengan mobil bertransmisi...

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....