Perang Mobil Niaga, Wuling Formo VS Daihatsu Gran Max

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil niaga
Perbandingan Wuling Formo vs Daihatsu Gran Max

OTOmart – Setelah sukses dengan dua mobil unggulannya, yaitu Confero dan Cortez. Wuling Motors pada pekan lalu telah secara resmi meluncurkan produk terbaru mereka yang diberi nama Wuling Formo. Kendaraan ini merupakan mobil niaga dengan dua pilihan varian, yaitu blind van dan minibus. Hal ini sekaligus memberikan tekanan terhadap pemain lama yang berada di segmen ini, yaitu Daihatsu Gran Max.

Baca Juga: Luncurkan Mobil Komersial, Wuling Anggap Formo dan Confero Berbeda

Gran Max sendiri merupakan mobil niaga unggulan Daihatsu yang telah bermain lama di segmen kendaraan niaga untuk pasar otomotif Indonesia sekaligus sebagai kontributor kedua terbesar penjualan Daihatsu Indonesia.

Pada tahun ini saja, Gran Max telah berhasil terjual sebanyak 4 ribuan unit per bulannya. Sedangkan untuk versi blind van, tercatat telah terjual sebanyak 1.500 unit per bulan. Jadi jika dihitung secara total penjualan, maka Gran Max berhasil terjual sebanyak 6 ribuan unit per bulannya.

Lalu bagaimana pendapat Daihatsu Indonesia dengan kemunculan Wuling Formo ini?

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengaku jika pihaknya tidak terlalu meributkan mengenai kemunculan produk terbaru dari Wuling tersebut dan menganggapnya biasa saja. Justru dirinya merasa senang sebab hal tersebut menguntungkan para konsumen karena mempunyai lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Meski begitu, Daihatsu tetap optimis penjualan Gran Max akan tetap lebih baik dari Formo.

“Gran Max itu ditujukan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sebab, yang terpenting bagi mereka adalah mempunyai kapasitas mobil yang besar, dan hal tersebut dimiliki oleh Daihatsu Gran Max,” ucap Amel, seperti dilansir laman Liputan6.com, Selasa (13/11/2018).

Baca Juga: Dihargai Lebih Murah, Ini Perbandingan Wuling Formo Dengan Gran Max

Menurut Amel, sisi kenyamanan yang ‘dijual’ oleh Formo tidak begitu tepat dengan target pasar yang dituju. Menurutnya, para pengusaha di level UMKM membutuhkan mobil dengan daya muat yang besar. Sedangkan kenyamanan tersebut untuk siapa? Sebab, kebanyakan mobil niaga tersebut menggunakan sopir.

Amel juga menegaskan jika Daihatsu Gran Max miliknya mempunyai banyak keuntungan jika dibandingkan dengan Formo, seperti irit bahan bakar, kapasitas yang besar, kuat menghadapi medan menanjak serta biaya perawatannya yang tergolong murah.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...