Siap-siap, 9 Jalan Tol Ini Akan Mengalami Penyesuaian Tarif

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jalan tol
Sumber: Phinemo

OTOmart – Bagi Anda pengguna Jalan Tol bersiaplah karena sebentar lagi sembilan ruas jalan tol akan mengalami penyesuaian tarif secara serentak pada hari Jum’at, (8/12) mendatang. Hal ini berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Herry Trisaputra Zuna, Kepala BPJT mengatakan bahwa penyeusaian tarif dari sembilan ruas tol telah mendapatkan persetujuan dari Menteri PUPR yang telah ditandatangani langsung sehingga menjadi keputusan Menteri PUPR.

“Penyesuaian tarif pada sembilan ruas tol akan berlaku mulai tanggal 8 Desember 2017 pukul 00.00 waktu setempat,” ucap Herry, seperti dilansir laman Detik.com

Kesembilan ruas tol tersebut, antara lain yaitu ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Semarang ABC, Tol Surabaya-Gempol, dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2.

Baca Juga: Inilah Daftar Jalan Tol Non-Tunai Milik Jasa Marga

Dari sembilan ruas tol tersebut, 5 diantaranya, yaitu Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Surabaya-Gempol, Tol Palimanan-Kanci, Tol Semarang Seksi A, B, C serta Tol Dalam Kota akan mengalami kenaikan rata-rata berkisar antara Rp 500 hingga Rp 1.500. Namun, pada beberapa ruas tol dan golongan kendaraan tertentu tidak mengalami kenaikan.

Kesembilan ruas tol tersebut terakhir kali mengalami penyesuaian tarif adalah sejak dua tahun yang lalu, dimana pemberlakukan penyesuaian tarif tahun ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan Nomor 38 Tahun 2004 mengenai Jalan yang memperbolehkan adanya usulan penyesuaian tarif setiap 2 tahun sekali sesuai dengan isi perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang telah ditandatangani sebelumnya.

Penyesuaian tarif tol dilakukan menggunakan penghitungan format tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi daerah yang dilalui tol selama dua tahun terakhir, dan ditambah satu. Terdapat 8 indikator yang menjadi acuan BPJT dalam melakukan evaluasi standar pelayanan minimum (SPM) jalan tol yang akan menjadi tahap penyesuaian tarif tol sebelum dilakukan penetapan harga. 8 indikator tersebut antara lain yaitu, kondisi jalan, dimensi kecepatan tempuh rata-rata, dimana jika berkendara di ruas tol yang berlokasi di dalam kota, maka kecepatan minimum harus mencapai kecepatan 40 km/jam, sedangkan luar kota 60 km/jam.

Selain itu, aksesibilitas masuk ke dalam tol, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan dan bantuan, lingkungan serta tempat istirahat juga menjadi beberapa indikator dari beberapa aspek penyesuaian tarif yang harus diperhatikan oleh BPJT.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sebelum Perjalanan Mudik, Perhatikan Kampas Rem Mobil Anda

OTOmart – Sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan jika kendaraan Anda berada...

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...