Mesin Toyota Kijang Innova Diesel Sering Pincang? Ini Penyebabnya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota kijang innova diesel
Toyota Kijang Innova Diesel (Idn Magz)

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Toyota Kijang Innova diesel menjadi salah satu dari deretan mobil diesel bekas terlaris di Indonesia. Apalagi saat ini, mobil diesel menjadi mobil yang paling banyak dicari di bursa mobil bekas.

Toyota Kijang Innova paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, karena tergolong sebagai mobil keluarga dengan kapasitas penumpang sebanyak  tujuh orang. Padahal, harga mobil ini masih cukup mahal dibandingkan dengan para rivalnya.

Baca Juga: Mau Beli Kijang Innova Bekas? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Meski begitu, kendaraan ini bukanlah tanpa masalah. Sama seperti mobil bekas lainnya, Toyota Kijang Innova diesel bekas mempunyai masalah yang seringklai dikeluhkan oleh para penggunanya. Salah satunya adalah putaran mesin yang pincang.

Mesin yang pincang, tentu akan membuat tarikan menjadi kurang bertenaga. Hal ini terjadi biasanya karena kinerja mesin yang tidak sesuai atau karena terjadi masalah di bagian mesinnya sehingga membuat performanya berkurang. Selain itu, faktor lain yang membuat mesin menjadi pincang adalah pada faktor komponen injektor dieselnya.

Salah satu bengkel spesialis yang khusus menangani injector mesin diesel mengungkapkan jika kendala mesin pincang pada mesin diesel bekas biasanya terletak pada komponen injektornya. Padahal, sistem injeksi yang disematkan pada Kijang Innova diesel telah menggunakan tipe common rail.

“Kondisi ini karena injektor pada mesin diesel sangat sensitif terhadap bahan bakar. Biasanya penyebab mesin pincang itu karena semprotan debit bahan bakar yang sudah tidak sesuai lagi dengan kemauan mesin atau karena waktu semprotan yang tidak pas sehingga membuat putaran mesin tidak lagi seirama seperti dahulu,” ucap pemilik bengkel spesialis injektor mesin diesel, Loviess, seperti dilansir laman Otoseken.com.

Jika injektor diesel mengalami masalah, maka harus segera dilakukan perbaikan ulang serta kalibrasi agar semprotannya dapat kembali menjadi normal.

Baca Juga: Sempat Tak Diminati, Kini Kijang Innova 2.7 Bekas Diincar Kolektor

Selain membuat tarikan mesin menjadi loyo, mesin yang pincang juga dapat membuat getaran mesinnya menjadi semakin tinggi, serta membuat suara mesin menjadi kasar sehingga membuat mobil menjadi tidak nyaman saat dikendarai.

“Untuk injektor, biasanya servis yang dilakukan itu pada bagian nozzle-nya serta valve. Sebab, bagian ini sangat rentan rusak karena ukurannya yang sangat kecil dan presisi,” terang Loviess lagi.

“Jadi kalau mesin pincang, maka pertanda kalau komponen ini sudah mulai rusak dan perlu diganti,” pungkas Loviess.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...

Modifikasi Mitsubishi Mirage Bekas, Nggak Kalah Sama Model Terbarunya

OTOmart – Mitsubishi Mirage terbaru secara resmi telah dirilis di Inggris dengan tampilan yang...

Isuzu D-Max Dapat Bintang Lima dari ASEAN NCAP, Jadi Mobil Teraman

OTOmart – Isuzu D-Max merupakan salah satu kendaraan tangguh berjenis pick-up andalan dari Isuzu...

Dapatkan Dua Paket Promo Toyota Di Awal Tahun 2020

OTOmart – Memasuki awal tahun, Auto2000 memberikan dua promo bagi para konsumen setianya yang...

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...