Mobil Bunyi Saat Berbelok? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
bunyi
Sumber: AutonetMagz

OTOmart – Jika usia kendaraan telah melebihi tiga tahun, biasanya akan timbul berbagai masalah. Hal ini sangatlah wajar, sebab usia tiga tahun pada sebuah kendaraan menandakan bahwa beberapa komponen yang terdapat di dalamnya telah memasuki batas masa usia pakainya. Karena itu, sebaiknya bagi pemilik kendaraan untuk memeriksakan kondisi komponen mobil yang disematkan agar tetap dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Dilansir laman Viva News, Minggu (6/5), salah satu komponen yang harus segera dicek adalah kaki-kaki mobil yang menggunakan penggerak roda depan. Sebab komponen yang satu ini sangat penting bagi keselamatan ketika sedang mengemudikannya.

Baca Juga: Rem Mobil Anda Berdecit? Begini Loh Cara Membersihkannya

Pada umumnya kerusakan yang seringkali dialami pada kaki-kaki depan mobil yaitu munculnya bunyi ketika berbelok. Biasanya, suara umum yang seringkali muncul adalah bunyi ketukan dan bunyi mendengung.

Jika yang muncul adalah suara ketukan yang cukup mengganggu, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan karet pelindung as roda. Sebab, komponen tersebut meskipun terbuat dari bahan yang terbilang awet, namun dari segi kekuatannya akan berkurang apalagi ketika pengemudi seringkali melewati jalan yang rusak.

Sebab jika pengemudi sering melewati jalan yang rusak, maka karet akan mudah sobek atau bergeser dari tempatnya. Jika hal ini terjadi, maka kotoran akan dengan sangat mudah masuk ke bagian dalam constant velocity joint atau CV Joint yang mempunyai fungsi sebagai penerus dari tenaga mesin ke bagian roda.

Kotoran yang menumpuk nantinya akan membuat komponen tersebut terganggu dan menimbulkan bunyi. Jika komponen ini sudah dalam kondisi yang cukup parah, maka sebaiknya pemilik kendaraan segera melakukan pergantian komponen tersebut untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

Sedangkan, jika muncul bunyi berdengung, maka hal ini menandakan bahwa kotoran telah masuk ke dalam bearing roda. Pada umumnya bunyi dengung terjadi ketika mobil sedang dipacu dalam kecepatan sedang dan bunyi akan hilang setelah kecepatannya berkurang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...