Lampu Check Engine Captiva Menyala Terus? Ini Loh Penyebabnya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu check engine
Ilustrasi

OTOmart – Chevrolet Captiva dikenal sebagai salah satu mobil SUV gagah andalan Chevrolet yang pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2007 lalu untuk mesin bensin, sedangkan untuk mesin dieselnya baru dipasarkan pada tahun 2008. Dengan usianya yang telah lebih dari 10 tahun, tentunya mobil ini mempunyai beberapa masalah. Salah satunya adalah lampu check engine Captiva yang terus menyala. Lalu apa penyebab lampu check engine ini terus menyala? Berikut ini adalah 5 penyebabnya, antara lain yaitu:

1. Kegagalan Oxygen Sendor

Baca Juga: Akhir Maret 2020, Mobil Chevrolet Tidak Lagi Dijual di Indonesia

Dilansir laman Blackxperience.com, salah satu penyebab lampu check engine terus menyala adalah karena sensor oksigen atau sering disebut sebagai sensor O2 gagal dalam mengirimkan data ke mesin komputer sehingga jumlah oksigen tidak terbakar secara sempurna dalam exhaust system. Jika sensor ini tidak segera diganti, maka akan merusak komponen mesin lainnya, seperti busi dan catalytic converter.

2. Tutup tangki BBM tidak rapat

Salah satu alasan paling umum yang menyebabkan lampu check engine pada mobil terus menyala adalah karena kurang rapatnya tutup tangki BBM. Karena itu, setelah Anda mengisi BBM, pastikan bahwa tutup tangki telah tertutup rapat agar uap bensi tidak keluar dari tangki.

3. Rusaknya Catalytic Converter

Catalytic Converter merupakan salah satu alat yang berhubungan dengan sistem pembuangan mobil. Karena itu, ketika lampu engine terus menyala, sebaiknya segera cek alat ini dan pastikan tidak tersumbat agar komponen ini tidak mengalami kerusakan.

4. Cek Busi dan Koil

Baca Juga: Chevrolet Trailblazer Ramaikan Persaingan di Kelas SUV 7 Penumpang

Busi dan koil merupakan salah satu komponen penghasil listrik untuk mobil Anda. Jika lampu engine menyala secara terus menerus, maka sebaiknya cek komponen ini. Jika koil tidak dapat berfungsi dengan baik, maka akan membuat indikator mesin menyala.

5. Kabel Busi Telah Berumur

Kabel busi terbuat dari kawat dan berfungsi untuk menghantarkan listrik dari koil ke busi. Tanpa kabel ini, maka campuran antara bahan bakar dan udara yang terdapat di dalam silinder tidak akan menyala. Jika usia kabel busi telah lama, maka akan membuat indikator mesin menyala terus.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Lengkap Daihatsu All New Terios 2018

OTOmart – Salah satu pilihan mobil yang tepat untuk Low SUV bekas tahun muda...

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...