Ini 6 Penyebab Klaim Garansi Mobil Bekas Anda Ditolak

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
garansi mobil bekas
Ilustrasi (Asuransiku)

OTOmart – Mobil bekas yang Anda miliki alangkah baiknya telah diberikan garansi. Salah satu perusahaan pembiayaan mobil bekas yang memberikan layanan garansi mobil bekas adalah PT Oto Multiartha dengan layanan OTO Garansi miliknya, merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka asal Jepang dan beroperasi di Indonesia.

Dengan memiliki garansi mobil bekas, maka akan membantu Anda dalam meringankan biaya, terutama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, sebelum Anda mengambil pembiayaan garansi tersebut, Anda perlu juga memahami setiap klausul garansi yang diajukan.

Baca Juga: Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

Menurut Communication and Event Manager Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto mengatakan jika setiap pemilik mobil sebaiknya memahami betul mengenai apa saja yang harus dipersiapkan, serta apa saja yang membuat klaim garansi mobil itu dapat disetujui atau ditolak.

“Yang terjadi itu biasanya para pemilik kendaraan yang mau ambil garansi mobil itu tidak mau membaca, terutama saat pertama kali diberikan klausul perjanjian. Padahal membaca itu perlu untuk mengetahui bagaimana cara melakukan klaim, serta penyebab klaim ditolak,” terang Iwan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan klaim garansi perbaikan mobil Anda ditolak, antara lain yaitu:

1. Kerusakan terjadi sebelum mengambil garansi mobil

Seperti pada umumnya, perusahaan atau showroom mobil bekas yang memberikan garansi mobil tidak akan mengklaim kerusakan yang terjadi sebelum perjanjian klausul terjadi. Karena itu, salah satu solusinya adalah memastikan bahwa mobil bekas yang Anda pilih benar-benar telah dalam kondisi sehat dan prima.

2. Masa garansi telah terlewati

Masa garansi merupakan periode tertentu bagi Anda untuk mengklaim garansi yang Anda ambil. Jika masa garansi telah terlewati, maka segala kerusakan yang terjadi tidak akan ditanggung oleh perusahaan pembiayaan.

3. Kerusakan yang disengaja

garansi mobil bekas
Ilustrasi (Saga)
Baca Juga: OTO Multiartha Beri Layanan Mobil Bekas Bergaransi Selama 6 Bulan

Salah satu faktor yang membuat garansi mobil bekas tidak dapat diklaim adalah karena terjadi kerusakan yang disengaja oleh pemilik kendaraan, seperti memukul kendaraannya atau menabrakkan mobil miliknya ke mobil orang lain atau berbagai hal lainnya.

4. Dokumen tidak lengkap

Salah satu hal yang menyebabkan garansi mobil Anda ditolak adalah karena dokumen yang tidak lengkap saat melakukan klaim, mulai dari dokumen garansi lengkap, fotokopi SIM dan STNK, form pengajuan klaim, serta foto kerusakan sebagai bukti klaim.

5. Pengemudi melakukan pelanggaran hukum

Beberapa perusahaan pembiayaan yang memberikan layanan garansi tidak akan menerima klaim jika pengemudi melakukan pelanggaran hukum, seperti mengemudi secara ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Bukan hanya itu saja, perusahaan pembiayaan juga tidak akan menerima klaim jika pengemudi tidak membawa atau memiliki SIM saat berkendara, parkir sembarangan atau mabuk.

6. Wilayah kejadian tidak termasuk ke dalam kontrak garansi

Garansi mobil bekas pada umumnya tidak akan diterima klaimnya jika wilayah kejadian terjadi tidak berada di dalam kontrak garansi. Karena itu, alangkah baiknya Anda membaca kontrak garansi terlebih dahulu untuk mengetahui wilayah mana saja yang dapat diklaim.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...

Harga Daihatsu Terios Bekas Kini Mulai Dari Rp 85 Juta

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Terios masih menjadi salah satu mobil primadona di pasar...